Dua Periode! Italia Ukir Sejarah dengan Kembali Gagal Lolos ke Piala Dunia

Gia Yuda Pradana | 25 Maret 2022, 15:37
Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022 (c) AP Photo
Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022 (c) AP Photo

Bola.net - Italia lagi-lagi gagal lolos ke Piala Dunia. Setelah gagal ke Rusia 2018, kali ini pemilik empat titel Piala Dunia itu gagal ke Qatar 2022. Empat tahun lalu, Gli Azzurri dijegal Swedia. Kali ini, mereka disungkurkan Makedonia Utara.

Italia sebelumnya tak pernah absen di dua edisi beruntun Piala Dunia. Ini adalah yang pertama kalinya. Italia mengukir sebuah sejarah baru, tapi pastinya bukan sejarah yang mereka inginkan.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2018, Italia tak mampu lolos otomatis sebagai juara grup dari kualifikasi zona Eropa. Mereka kalah bersaing dengan Spanyol dan masuk play-off, di mana mereka berhadapan dengan Swedia.

Tim besutan Gian Piero Ventura kalah agregat 0-1 dan gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958.

Roberto Mancini kemudian ditunjuk menjadi pelatih anyar, dan dia sukses membawa Italia meraih gelar juara Euro 2020. Italia seolah menemukan gairah baru.

Usai juara Euro 2020, target Italia berikutnya adalah lolos ke Piala Dunia 2022. Italia sejatinya tak terkalahkan di kualifikasi, tapi kalah bersaing dengan Swiss di grup mereka.

Italia lagi-lagi masuk play-off, di mana kali ini formatnya berbeda. Ada tiga Jalur, yakni A, B, dan C. Italia tergabung di Jalur C bersama Makedonia Utara, Turki, dan Portugal. Pemenang semifinal Italia vs Makedonia Utara kemudian akan berhadapan dengan pemenang semifinal Portugal vs Turki di final. Hanya satu di antara empat tim ini yang akan lolos ke Qatar 2022.

Italia difavoritkan mengalahkan Makedonia Utara. Namun, yang terjadi sebaliknya. Anak-anak asuh Mancini takluk 0-1 di Renzo Barbera. Yang lebih menyakitkan lagi, gol tunggal penentu kemenangan tim tamu dicetak oleh Aleksandar Trajkovski di injury time.

Italia pun dua kali gagal lolos ke Piala Dunia secara beruntun.

Kegagalan Italia ke Qatar 2022 ini memicu beragam reaksi di media sosial, baik dari para penggemarnya maupun bukan. Berikut beberapa cuitan yang bisa kita temukan.

1 dari 15 halaman

Pertama kalinya, Italia absen di dua edisi beruntun Piala Dunia

2 dari 15 halaman

Hmm...

3 dari 15 halaman

Sudah, sudah

4 dari 15 halaman

Semalem emang maennya bapuk

5 dari 15 halaman

Kasian Jorginho

6 dari 15 halaman

Dua kali di-troll kehidupan

7 dari 15 halaman

Dahlah dukung Qatar aja

8 dari 15 halaman

Ato Argentina

9 dari 15 halaman

Italia konsisten ya

10 dari 15 halaman

Dua periode loh

11 dari 15 halaman

Jadi penonton lagi, kayak Indonesia

12 dari 15 halaman

Jangan bilang pepatah ini dulu sama orang Italia

13 dari 15 halaman

Duh seandainya...

14 dari 15 halaman

Eh gimana gimana?

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR