Dominik Livakovic dan Para Kiper Jagoan Adu Penalti dalam Sejarah Piala Dunia

Ari Prayoga | 6 Desember 2022, 03:01
Dominik Livakovic dan Para Kiper Jagoan Adu Penalti dalam Sejarah Piala Dunia
Aksi penyelamatan Dominik Livakovic di laga Jepang vs Kroasia, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Luca Bruno

Bola.net - Kroasia sukses melewati adangan Jepang pada Babak 16 Besar Piala Dunia 2022. Dalam laga yang dihelat di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Senin (05/12), mereka menang dengan skor 3-1, melalui drama penalti.

Pada laga ini, kiper Kroasia, Dominik Livakovic sukses menjadi pahlawan bagi timnya. Ia sukses menggagalkan sepakan tiga eksekutor Jepang.

Livakovic tak hanya mencatatkan namanya sebagai pemain terbaik pada laga ini, versi Whoscored. Pemain Dinamo Zagreb ini juga mencatatkan namanya dalam sejarah Piala Dunia.

Ya, Livakovic mencetak rekor sebagai salah seorang kiper dengan penyelamatan dalam adu penalti terbanyak di satu laga Piala Dunia.

Selain Livakovic, ada sejumlah nama lain yang juga masuk dalam daftar ini.

Siapa saja para kiper jagoan tersebut? Berikut lima orang di antara mereka.

1 dari 5 halaman

Oleksandr Shovkovsky

Oleksandr Shovkovsky menempati posisi kelima dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak dalam adu penalti di gelaran Piala Dunia. Kiper Ukraina ini mencatatkan dua penyelamatan dalam adu penalti di turnamen sepakbola paling akbar di kolong langit tersebut.

Shovkovsky mencatatkan rekor ini pada Babak 16 Besar Piala Dunia 2006, kontra Swiss. Pada laga yang digelar di RheinEnergie Stadion, Shovkovsky sukses membawa timnya menang tiga gol tanpa balas dalam adu penalti. Pada waktu normal plus tambahan waktu, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Dalam adu penalti, Shovkovsky menepis sepakan Marco Streller dan Ricardo Cabanas. Sementara, satu sepakan dari Tranquillo Barnetta hanya menghajar tiang gawang Ukraina.

2 dari 5 halaman

Sergio Goycochea

Di peringkat keempat dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak dalam adu penalti di gelaran Piala Dunia ada nama Sergio Goycochea. Penjaga gawang asal Argentina tersebut mencetak dua penyelamatan dalam adu penalti di Piala Dunia.

Goycochea mencetak dua penyelamatan tersebut pada Perempat Final Piala Dunia 1990, kontra Yugoslavia. Waktu itu, ia menyelamatkan gawangnya dari eksekusi Dragoljub Brnovic dan Faruk Hadzibegic. Dalam laga ini, Argentina menang dengan skor 3-2.

Pada semifinal, Goycochea mencatatkan prestasi serupa. Ia menghalau sepakan Roberto Donadoni dan Aldo Serena untuk memastikan timnya mengalahkan Italia dengan skor 5-4 dalam laga tersebut.

3 dari 5 halaman

Ricardo

Urutan ketiga dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak dalam adu penalti di gelaran Piala Dunia ditempati Ricardo. Kiper Portugal tersebut mencatatkan tiga penyelamatan dalam adu penalti di Piala Dunia.

Dalam laga Perempat Final Piala Dunia 2006, Ricardo sukses menghalau sepakan Frank Lampard, Steven Gerrard, dan Jamie Carragher. Pada laga ini, Portugal akhirnya menang dengan skor 3-1 dari The Three Lions. Hanya Owen Hargreaves yang mampu mencetak gol pada babak ini.

Di sisi lain, Simao, Helder Postiga, dan Cristiano Ronaldo sukses mencetak gol ke gawang Inggris. Sementara, sepakan Hugo Viana dan Petit melenceng dari sasaran.

4 dari 5 halaman

Danijel Subasic

Danijel Subasic (c) AP Photo

Danijel Subasic (c) AP Photo

Di posisi dua dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak dalam adu penalti di gelaran Piala Dunia ada nama Danijel Subasic. Tiga adalah jumlah penyelamatan Subasic dalam adu penalti di Piala Dunia.

Penyelamatan ini dilakukan Subasic pada laga 16 Besar Piala Dunia 2018, kontra Denmark. Pada laga ini, ia sukses menghalau sepakan Christian Eriksen, Lasse Schone, dan Nicolai Mick Jorgensen.

Kroasia akhirnya menang dengan skor 3-2, setelah bermain imbang 1-1 sampai tambahan waktu. Perjalanan mereka pun berlanjut sampai ke final, sebelum dikalahkan Prancis dengan skor 4-2.

5 dari 5 halaman

Dominik Livakovic

Skuad Kroasia mengelu-elukan Dominik Livakovic dalam babak adu penalti 16 besar Piala Dunia 2022 versus Jepang, Senin (5/12/2022) (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Skuad Kroasia mengelu-elukan Dominik Livakovic dalam babak adu penalti 16 besar Piala Dunia 2022 versus Jepang, Senin (5/12/2022) (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Dominik Livakovic menempati peringkat pertama dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak dalam adu penalti di gelaran Piala Dunia. Sama seperti kompatriotnya, Subasic, kiper Kroasia ini juga mencatatkan tiga penyelamatan dalam adu penalti di turnamen sepak bola paling akbar di muka bumi tersebut.

Livakovic mencatatkan tiga penyelamatan pada laga Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, kontra Jepang. Ia sukses mematahkan sepakan Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida, untuk membawa Kroasia menang 3-1 pada ajang ini.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR