Ditaklukkan Maroko 2-0, Roberto Martinez: Gol Pertama Membuat Belgia Panik

Asad Arifin | 27 November 2022, 23:26
Ditaklukkan Maroko 2-0, Roberto Martinez: Gol Pertama Membuat Belgia Panik
Kevin De Bruyne coba mengontrol bola di laga Belgia vs Maroko, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Christophe Ena

Bola.net - Timnas Belgia secara mengejutkan dikalahkan Maroko di Piala Dunia 2022 pada Minggu (27/11/2022) malam. Skuat racikan Roberto Martinez tersebut kalah dua gol tanpa balas oleh timnas Maroko.

Padahal Belgia tampil lebih mendominasi jalannya laga dengan catatan 67 persen penguasaan bola. Tak hanya itu, Belgia juga sanggup melepaskan total 10 tembakan di laga tersebut.

Namun penyelesaian akhir yang kurang baik membuat Belgia selalu gagal memecah kebuntuan. Belgia justru kecolongan oleh Maroko lewat gol Romain Saiss di menit 73 yang membuat permainan Belgia buyar.

“(Kekalahan) ini hasil yang sulit karena gol pertama sangat mempengaruhi hasil akhir. Ini (gol pertama) adalah situasi bola mati, kami tidak dapat menjalankan permainan kami dan ini (Maroko) adalah permainan yang perlu kami pahami,” terang Roberto Martinez dikutip dari BBC.

1 dari 2 halaman

Belgia Terlalu Panik

Eden Hazard coba menggiring bola di laga Belgia vs Maroko, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Manu Fernandez

Eden Hazard coba menggiring bola di laga Belgia vs Maroko, Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Manu Fernandez

Label Belgia sebagai semifinalis Piala Dunia 2018 cukup membebani permainan mereka di laga versus Maroko. Pasalnya, Belgia mulai kepanikan setelah selalu gagal mencetak gol hingga 70 menit jalannya laga.

Kepanikan itu bertambah ketika Maroko berhasil memecah kebuntuan di menit 73 sementara Belgia masih berkutik dengan penyelesaian akhir yang kurang klinis. Dari 10 tembakan yang dilepaskan, hanya tiga di antaranya yang berhasil mengarah ke gawang Maroko.

Roberto Martinez memberikan penjelasan bahwa kekalahan Belgia disebabkan oleh rasa panic yang tak tertahankan. Martinez merasa Belgia akan tampil lebih stabil andai mereka mampu memecah kebuntuan dari serangkaian serangan yang dibangun.

“Saya pikir kami memiliki momen-momen bagus tetapi kami tidak bisa mendapatkan peluang yang jelas, kami hanya memiliki beberapa peluang, dan jika anda (Maroko) membiarkannya menjadi gol maka itu akan mengubah permainan secara radikal,” ujar Martinez.

"Saat ini kami kebobolan (gol pertama), kami kehilangan banyak ketenangan (terlalu panik) dan kami tidak bisa kembali ke sepertiga akhir dengan lebih banyak berpikir,” tambah Martinez.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

2 dari 2 halaman

Klasemen Grup F Piala Dunia 2022

Sumber: Fotmob dan Sofascore

Penulis: Ahmad Daerobby

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR