BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dianggap Korupsi, Platini dan Blatter Dihukum Delapan Tahun

22-12-2015 00:01 |

Blatter dihukum. (c) AFP Blatter dihukum. (c) AFP

Bola.netBola.net - Pengadilan Etik FIFA yang digelar pada hari Senin waktu setempat memutuskan hukuman untuk Sepp Blatter dan Michel Platini. Kedua sosok penting sepakbola itu diganjar hukuman delapan tahun.


Kesalahan yang dituduhkan kepada keduanya adalah pembayaran ilegal yang diterima Platini dari FIFA. Platini mendapatkan uang dua juta franc Swiss pada 2011 silam.

Platini dan Blatter awalnya bersikukuh bahwa uang itu adalah pembayaran gaji Platini sebagai konsultan bagi FIFA. Namun nilai itu tidak sesuai dengan kontrak Platini dengan FIFA pada 1999. Argumen Platini dan Blatter yang mengaku sudah memperbarui kontrak secara verbal pun dianggap tidak valid oleh hakim.

Blatter pun dijerat dengan pasal penyuapan dan korupsi oleh Komite Etik. Sementara itu, Platini dijerat dengan pasal memberi dan menerima hadiah serta gratifikasi lainnya. Selain itu, Platini juga dianggap tidak menjalankan tugasnya dengan baik selama menjadi konsultan FIFA.

Blatter dan Platini pun dijatuhi hukuman larangan beraktivitas di sepakbola selama delapan tahun. Selain itu, Blatter juga didenda 50 ribu franc Swiss sementara denda untuk Platini sebesar 80 ribu franc Swiss.

 

KOMENTAR