Di Belakang Layar, Maroko Dedikasikan Kemenangan atas Spanyol untuk Abdelhak Nouri

Abdi Rafi Akmal | 8 Desember 2022, 12:09
Di Belakang Layar, Maroko Dedikasikan Kemenangan atas Spanyol untuk Abdelhak Nouri
Piala Dunia 2022: Selebrasi para pemain Maroko usai menang adu penalti lawan Spanyol di babak 16 besar (c) AP Photo/Martin Meissner

Bola.net - Ada satu hal yang luput dari perhatian banyak orang di balik kemenangan bersejarah Maroko atas Spanyol pada babak perempat final Piala Dunia 2022. Maroko mendedikasikan kemenangan itu juga untuk Abdelhak Nouri.

Nouri sendiri sudah pensiun dari dunia sepak bola pada 2017 silam. Ia pensiun dini saat usianya masih 20 tahun.

Kejadian itu bermula saat pemain Akademi Ajax itu kolaps di laga persahabatan melawan Werder Bremen. Ia dinyatakan mengalami kerusakan otak permanen.

Setelah dilarikan ke rumah sakit, Nouri mengalami koma. Pemain berpaspor Belanda tersebut baru sadar tiga tahun kemudian, tepatnya di tahun 2020 lalu.

1 dari 4 halaman

Ada Keturunan Maroko

Abdelhak Nouri (c) Ist

Abdelhak Nouri (c) Ist

Sekilas memang agak aneh. Bagaimana bisa Maroko mendedikasikan kemenangan tersebut untuk Nouri yang notabene bukan pemain Maroko?

Usut punya usut, pemain kelahiran 2 April 1997 itu punya keturunan Maroko dari kedua orang tuanya. Namun, ia lahir di Amsterdam, Belanda.

Tidak hanya dari keturunan, Nouri juga punya hubungan yang cukup dekat dengan beberapa pemain Maroko, seperti Hakim Ziyech dan Noussair Mazraoui.

2 dari 4 halaman

Bermain Bersama

Ziyech dan Mazraoui sendiri merupakan sobat karib Nouri. Mereka bertiga saling kenal karena berasal dari Akademi Ajax.

Bahkan di laga saat Nouri kolaps, Ziyech dan Mazraoui terlibat di pertandingan tersebut.

Oleh karena itu, ada benang merah dari kepedulian Maroko terhadap Nouri. Sehingga Maroko merayakan kemenangan tersebut untuk Nouri.

3 dari 4 halaman

Dedikasi Timnas Maroko untuk Nouri

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR