Cristiano Ronaldo, Seorang Legenda yang Gak Perlu Diajari!

Richard Andreas | 9 Desember 2022, 22:15
Cristiano Ronaldo, Seorang Legenda yang Gak Perlu Diajari!
Piala Dunia 2022: Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo/Manu Fernandez

Bola.net - Laju Portugal di Piala Dunia 2022 selalu diganggu dengan gosip-gosip miring soal Cristiano Ronaldo. Media sepertinya sangat suka membicarakan Ronaldo, khususnya secara negatif.

Drama beralur cerita Cristiano Ronaldo masih terus berlanjut sepanjang Piala Dunia 2022. Setelah urusan dengan MU membuat heboh, giliran publik mengaitkan CR7 dengan Timnas Portugal.

Rumors beredar, banyak pihak yang menilai Timnas Portugal bakal tampil lebih baik tanpa Cristiano Ronaldo. Kondisi itu berlatar belakang kemenangan telak Portugal atas Swiss, pada Babak 16 Besar Piala Dunia 2022.

Portugal menggasakan Swiss dengan skor telak, 6-1. Goncalo Ramos menjadi bintang utama setelah mencetak hattrick pada menit ke-17.51' dan 67'. Tiga gol lain berasal dari Pepe (33'), Raphael Guerreiro (55') dan Rafael Leao (90'+2').

1 dari 5 halaman

Nihil Ronaldo

Pesta gol Timnas Portugal tak menampilkan Cristiano Ronaldo. CR7 keluar dari bangku cadangan pada menit ke-73, menggantikan posisi Joao Felix. Pada rentang 17 menit tersebut, sang ikon yang pernah berkarier di Juventus dan Real Madrid ini, tak sanggup menjebol jala Swiss.

Selepas pertandingan, banyak pihak menganggap Portugal bisa meninggalkan peraih lima kali Ballon d'Or tersebut. Sebuah dalil yang berasal dari fakta, Goncalo Ramos, sang pengganti Ronaldo, sanggup mencetak tiga gol.

2 dari 5 halaman

Lebih Lancar

Skuad Portugal merayakan gol Pepe dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022 versus Swiss, Rabu (7/12/2022) (c) AP Photo/Natacha Pisarenko

Skuad Portugal merayakan gol Pepe dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022 versus Swiss, Rabu (7/12/2022) (c) AP Photo/Natacha Pisarenko

Sisi permainan juga lebih lancar, karena Ramos mendapat sokongan dari soliditas lini tengah. Pada zona pengatur bola, di sana ada Joao Felix, Bruno Fernandez, Bernardo Silva dan William Carvalho. Aliran bola terasa lebih cair karena tak ada target man seperti CR7 yang wajib disuplai.

Oleh karena itu, jelang Portugal kontra tim kejutan, Maroko, ramai menuntut pelatih Brasil-nya Eropa itu, untuk mencadangkan Cristiano Ronaldo. Mantan rekan Ronaldo, Jose Fonte menyebut, memang wajar jika permainan negaranya lebih mengalir ketika tak ada sang kapten.

3 dari 5 halaman

Sebagai Tim

"Ketika Ronado tak ada di sana, Portugal bermain lebih sebagai tim, dan itu terlihat ketika melibas Swiss. Mereka bermain mengalir tanpa ada satu fokus. Setiap orang berkontribusi dan itu sungguh indah dilihat," kata Fonte, di A Bola.

Fonte, yang menjadi jawara Piala Eropa 2016 bersama Cristiano Ronaldo percaya, apapun keputusan pelatih terkait nasib CR7, akan memberi dampak positif. Sayang, ia tak menegaskan apakah Portugal masih perlu atau tidak memainkan Ronaldo kontra Maroko.

4 dari 5 halaman

Tetap Berbahaya

Cristiano Ronaldo saat Portugal melawan Uruguay dalam laga Grup H Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Abbie Parr

Cristiano Ronaldo saat Portugal melawan Uruguay dalam laga Grup H Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Abbie Parr

Pada sisi lain, Fonte percaya Cristiano Ronaldo masih memainkan peran penting di Piala Dunia, terutama jika datang dari bangku cadangan. "Anda tidak bisa mengajari seorang legenda seperti Ronaldo," tegasnya.

Eks Southampton dan West Ham United ini percaya, Ronaldo adalah selalu menjadi Ronaldo dan untuk Portugal. "Bahkan jika ada di bangku cadangan, pasti memberi positif jika di sana ada Ronaldo. Justru, ini akan menjadi masalah bagi lawan," sebut Fonte.

5 dari 5 halaman

Bahaya Maroko

Sosok Cristiano Ronaldo memang terus menjadi buah bibir. Padahal, meski tak mendapat dukungan maksimal, ia masih mencetak 24 gol musim lalu. Saat ini, pesepak bola berusia 37 tahun ini tak memiliki klub setelah meninggalkan Manchester United.

Portugal akan menghadapi Maroko pada babak perempat final Piala Dunia 2022. Maroko tergolong mengejutkan dan tak bisa dianggap remeh, karena mereka memulangkan raksasa Eropa, Spanyol.

Sumber: A Bola
Disadur dari: Bola.com (Nurfahmi Budi), 9 Desember 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR