Catat Sejarah! Wales ke Piala Dunia Pertama dalam 64 Tahun

Aga Deta | 6 Juni 2022, 10:22
Selebrasi Gareth Bale setelah Wales mencetak gol pada laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Ukraina, Minggu (5/6/2022). (c) AP Photo
Selebrasi Gareth Bale setelah Wales mencetak gol pada laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Ukraina, Minggu (5/6/2022). (c) AP Photo

Bola.net - Wales menjadi negara zona Eropa terakhir yang lolos ke Piala Dunia 2022. Kepastian itu didapat Wales usai mengalahkan Ukraina di final Path A Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Wales menghadapi Ukraina di Cardiff City Stadium, Minggu (5/6/2022) malam WIB. Pertandingan tersebut dimenangkan tuan rumah dengan skor 1-0

Kemenangan Wales ditentukan oleh gol bunuh diri Andriy Yarmolenko di menit ke-34. Kapten Ukraina tersebut berusaha menghalau umpan tendangan bebas dari Gareth Bale, namun justru membuat bola bersarang di gawang sendiri.

Meski hanya menang tipis, hasil tersebut sudah cukup untuk membawa Wales ke Piala Dunia 2022. The Dragons menjadi negara Eropa ke-13 yang lolos ke Qatar.

1 dari 2 halaman

Catat Sejarah

Capaian tersebut juga menjadi catatan tersendiri bagi Wales. Ini adalah kali pertama The Dragons lolos ke Piala Dunia sejak 64 tahun lalu.

Wales terakhir kali tampil di Piala Dunia pada tahun 1958. Ketika itu, mereka mampu melaju hingga babak perempat final.

Di babak delapan besar, Wales kalah dari Brasil dengan skor 0-1. Gol kemenangan Tim Samba kala itu dicetak oleh sang legenda Pele pada menit ke-66.

2 dari 2 halaman

Hasil Terbesar

Gareth Bale mengaku sangat senang bisa membawa Wales mengukir sejarah dengan lolos ke Piala Dunia setelah mengalahkan Ukraina.

"Hasilnya adalah hasil terbesar dalam sejarah sepak bola Wales. Kami sangat gembira. Kami akan pergi ke Piala Dunia,” kata Bale kepada Sky Sports.

"Saya tidak bisa berkata-kata. Kami sangat senang. Kami melakukannya untuk semua penggemar kami yang luar biasa dan kata-kata tidak dapat menggambarkan bagaimana perasaan saya saat ini."

Sumber: BBC, Opta

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR