Candaan Jerome Boateng untuk Pengkritik Jerman: Cie, Timnas Punya 80 Juta Pelatih

Abdi Rafi Akmal | 29 September 2022, 15:44
Jerome Boateng (c) AFP
Jerome Boateng (c) AFP

Bola.net - Dua laga Jerman tanpa kemenangan membuat timnas Jerman dibanjiri kritik oleh para penggemarnya. Mantan bek Jerman Jerome Boateng menertawakan kritik tersebut.

Jerman sempat dikalahkan 0-1 oleh Hungaria pada pertandingan kelima UEFA Nations League 2022 Grup A3. Di pertandingan terakhir, Jerman ditahan imbang Inggris 3-3.

Menurut Boateng, hasil kurang memuaskan itu jangan ditanggapi berlebihan. Sebab, ia merasa kritik yang ada hanya akan membuat Jerman semakin terbebani.

Untuk itu, ia mengajak kepada “80 juta pelatih tim nasional” untuk menghentikan nyinyiran yang tidak perlu. Ada baiknya Jerman didukung dengan nada positif jelang Piala Dunia 2022 yang digelar akhir November mendatang.

1 dari 3 halaman

Jangan Rusuh

Jerome Boateng (c) AP

Jerome Boateng (c) AP

Kritikan memang tidak berhenti akibat hasil yang kurang memuaskan. Boateng berharap para pengkritik atau para penggemar ini tidak membuat rusuh dari sisi komentar.

"Sesaat sebelum Piala Dunia, kami memiliki 80 juta pelatih nasional lagi," tulis Boateng di akun Instagram pribadinya, sambil ada emot tertawa.

"Bagaimana kalau mendekati Piala Dunia dengan cara yang positif dan tidak mengkritik tim dan membawa kerusuhan?”

2 dari 3 halaman

Tunggu Selesai

Jerome Boateng (c) AP

Jerome Boateng (c) AP

Boateng menilai, kritikan bernada negatif itu pada akhirnya akan sangat mengganggu. Ia meminta kritik tersebut ditahan sampai Piala Dunia 2022 selesai.

Setelah itu, jika memang mengecewakan, Boateng tidak ada masalah dengan kritikan yang mengalir deras. Ia ingin timnas dibiarkan berproses dan membuktikan diri terlebih dulu.

"Tetap positif dan dukung tim bersama. Setelah Piala Dunia, Anda dapat menambahkan kritik itu lagi,” tulisnya lagi.

3 dari 3 halaman

Punya Tim Kuat

Jerome Boateng (c) AP

Jerome Boateng (c) AP

Keyakinan Boateng terhadap timnas Jerman tidak lepas dari komposisi skuat yang ada. Menurutnya, Jerman punya tim yang kuat.

Jika komposisi yang dipilih sudah kuat, maka ada banyak opsi pemain yang belum dipilih yang kualitasnya sama baiknya.

“Kami memiliki tim yang kuat, kami dapat mengalahkan lawan mana pun dan menjadi juara dunia. Kami memiliki pemain muda di semua posisi,” tandasnya.

Sumber: Instagram

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR