Cadangkan Cristiano Ronaldo Memang Mengejutkan, tapi Sekarang Gak Ada Jalan Balik!

Richard Andreas | 8 Desember 2022, 03:00
Cadangkan Cristiano Ronaldo Memang Mengejutkan, tapi Sekarang Gak Ada Jalan Balik!
Cristiano Ronaldo merayakan gol pembuka Portugal di laga Piala Dunia 2022 versus Uruguay, Selasa (29/11/2022) (c) AP Photo/Aijaz Rahi

Bola.net - Fernando Santos membuat keputusan besar dengan mencadangkan Cristiano Ronaldo di laga Portugal vs Swiss, babak 16 besar Piala Dunia 2022. Keputusan berani ini terbukti tepat.

Rabu (7/12/2022), Portugal terbukti masih terlalu perkasa bagi Swiss. Bruno Fernandes dkk. menghajar tim lawan dengan skor telak 6-1.

Goncalo Ramos, striker muda yang dipercaya menggantikan peran Ronaldo, tampil luar biasa dan membungkus hattrick di laga ini. Artinya, keputusan pelatih Santos mencadangkan Ronaldo dan memainkan Ramos terbukti sudah tepat.

Persoalannya, sekarang Ronaldo mungkin harus lebih sering terbiasa dengan peran barunya. Portugal masih akan menghadapi laga-laga sulit, mencadangkan Ronaldo bisa jadi pilihan terbaik.

1 dari 4 halaman

Memang mengejutkan

Tercatat, ini pertama kalinya Ronaldo dicadangkan di turnamen mayor sejak tahun 2008 silam. Ronaldo sudah 31 kali jadi starter beruntun untuk Portugal di turnamen mayor, laju itu terhenti di laga kontra Swiss kemarin.

Keputusan pelatih Fernando Santos pun diyakini bukan keputusan mudah. Jelas mencadangkan Ronaldo adalah langkah mengejutkan.

"Keputusan ini mengejutkan banyak orang, sebab jika sebulan yang lalu Anda berkata pada saya bahwa saya akan melihat Cristiano di bangku cadangan di laga fase gugur Piala Dunia, saya pasti menilainya tidak masuk akal," ujar Pedro Sepulveda, analis sepak bola Portugal.

"Sungguh saya kira mencadangkan Ronaldo bukanlah pilihan untuk Santos. Mungkin karena di laga terakhir, ketika ditarik keluar lapangan, Ronaldo tidak meresponsnya dengan baik."

2 dari 4 halaman

Kontrol ruang ganti

Keputusan pelatih Fernando Santos ramai dibicarakan karena sebelumnya publik menilai dia sebagai sosok pelatih yang sudah sangat dekat dengan Ronaldo. Bahkan disebut tidak berani mencadangkan Ronaldo.

"Santos, ketika melihat video Ronaldo seperti itu, jelas dia harus melakukan sesuatu jika tidak mau kehilangan kontrol ruang ganti. Saya kira ini bukan keputusan teknik, ini pilihan karena sikap Ronaldo seperti itu," sambung Sepulveda.

"Masalahnya, pemain yang menggantikan Ronaldo, Goncalo Ramos bisa mencetak tiga gol dan satu assist."

"Jadi, bagaimana mungkin Santos tidak memainkan Ramos di pertandingan berikutnya?" tandasnya.

3 dari 4 halaman

Hasil pertandingan Portugal di Piala Dunia 2022

Portugal 3-2 Ghana
(Cristiano Ronaldo 65' (p), Joao Felix 78', Rafael Leao 80'; Andre Ayew 73', Osman Bukari 89')

Portugal 2-0 Uruguay
(Bruno Fernandes 54', 90+3')

Korea Selatan 2-1 Portugal
(Kim Young-gwon 27', Hwang Hee-chan 90+1'; Ricardo Horta 5')

Portugal 6-1 Swiss
(Goncalo Ramos 17', 51', 67', Pepe 33', Raphael Guerreiro 55', Rafael Leao 90+2'; Manuel Akanji 58')

4 dari 4 halaman

Jadwal Portugal di Piala Dunia 2022

Maroko vs Portugal
Venue: Al Thumama Stadium
Hari, tanggal: Sabtu, 10 Desember 2022
Kick-off: 22.00 WIB
Live: SCTV, Indosiar, NEX Parabola
Live streaming: Vidio

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR