Brasil Pecahkan Rekor saat Masukkan Weverton Kiper Lapis Ketiga

Abdi Rafi Akmal | 6 Desember 2022, 11:29
Brasil Pecahkan Rekor saat Masukkan Weverton Kiper Lapis Ketiga
Momen Weverton masuk menggantikan Alisson Becker di laga Piala Dunia 2022 Brasil vs Korea Selatan, Selasa (6/12/2022) (c) AP Photo/Martin Meissner

Bola.net - Pelatih timnas Brasil Tite melakukan keputusan yang tidak biasa saat pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022. Ia memasukkan kiper lapis ketiga Weverton jelang pertandingan berakhir untuk menggantikan Alisson Becker.

Weverton dimasukkan pada menit ke-80 saat melawan Korea Selatan di Ras Abu Aboud Stadium, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. Skor saat itu sudah 4-1 untuk keunggulan Brasil dan bertahan hingga waktu selesai.

Keputusan Tite memasukkan Weverton ternyata membantu Brasil memecahkan rekor di Piala Dunia. Brasil jadi tim pertama yang memainkan seluruh pemainnya di satu edisi Piala Dunia.

Kebetulan di edisi kali ini, setiap tim diperkenankan membawa maksimal 26 pemain. Dengan kata lain, Brasil telah menggunakan 26 pemain tersebut.

1 dari 4 halaman

Kiper Ketiga yang Main

Brasil datang ke Piala Dunia 2022 dengan membawa serta tiga kiper. Mereka adalah Alisson Becker (Liverpool,) Ederson (Manchester City), dan Weverton (Palmeiras).

Alisson adalah kiper utama. Ia punya menit bermain terbanyak karena sudah bermain di tiga pertandingan. Kiper kedua adalah Ederson yang bermain penuh saat kalah 0-1 dari Kamerun.

Weverton jadi kiper terakhir yang dimainkan. Sayangnya, kiper berusia 34 tahun itu hanya diberikan kesempatan selama 10 menit saat melawan Korea Selatan.

2 dari 4 halaman

Pernah Jadi Kiper Utama

Dalam laporan Express, Weverton sebetulnya pernah menjadi kiper utama Brasil. Momen itu terjadi pada Olimpiade 2016 lalu.

Skuad Brasil sukses meraih medali emas. Dan kebetulan Weverton adalah kiper utama tim Samba kala itu.

Namun di samping kesuksesannya di 2016, Weverton tidak sering bermain untuk tim senior. Ia baru menjalani total sembilan pertandingan, termasuk saat ia masuk sebagai pengganti.

3 dari 4 halaman

Hanya Dua Pemain

Sementara itu, rotasi dahsyat yang dilakukan Brasil berpengaruh pada total pertandingan setiap pemain. Dari 26 pemain, hanya ada dua yang sudah mencatatkan empat pertandingan.

Mereka adalah bek tengah Marquinhos (306 menit) dan Raphinha (261 menit). Pemain lain hanya mentok bermain tiga kali.

Itu berarti, setiap pemain punya masa istirahat satu pertandingan dan pemain lain minimal punya menit bermain di satu pertandingan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR