BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Bikin Blunder Fatal, Wasit Laga Serbia vs Portugal Akhirnya Minta Maaf

30-03-2021 02:45 | Dimas Ardi Prasetya

Wasit Danny Makkelie mengacuhkan protes para pemain Portugal di laga matchday 2 Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Rajko Mitic, Beograd, Minggu (28/3/2021). (c) AP Photo Wasit Danny Makkelie mengacuhkan protes para pemain Portugal di laga matchday 2 Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Rajko Mitic, Beograd, Minggu (28/3/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Wasit yang memimpin pertandingan Serbia vs Portugal yakni Danny Makkelie akhirnya mengucapkan permintaan maaf setelah membuat keputusan yang salah di pertandingan tersebut.

Serbia dan Portugal berduel di laga matchday 2 Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2.

Akan tetapi Portugal seharusnya keluar sebagai pemenang di laga tersebut. Sebab pada menit 90+3, Cristiano Ronaldo berhasil menjebol gawang Serbia.

Namun wasit tak menganggap bola belum melewati garis gawang. Dari tayangan ulang usai pertandingan, terlihat bola sebenarnya sudah melewati garis sebelum disapu keluar oleh bek Serbia.

1 dari 2 halaman

Permintaan Maaf Wasit Serbia vs Portugal

Akibat blundernya itu, Cristiano Ronaldo merasa terzolimi dan emosi. Ia sempat memprotes hakim garis dan kemudian dikartu kuning.

Ronaldo akhirnya memutuskan untuk keluar dari lapangan sebelum laga berakhir. Setelah menjadi sorotan media internasional, wasit Danny Makkelie akhirnya meminta maaf secara terbuka.

"Sesuai kebijakan FIFA, yang bisa saya katakan adalah bahwa saya meminta maaf kepada pelatih nasional, Fernando Santos, dan tim Portugal atas apa yang terjadi," kata Makkelie kepada media asal Portugal, A Bola.

"Sebagai tim wasit, kami selalu bekerja keras untuk membuat keputusan yang baik. Ketika kami diberitakan dengan cara ini, itu sama sekali tidak membuat kami bahagia," ungkap sang wasit.

2 dari 2 halaman

Ungkapan Kekecewaan Pelatih Portugal

Cristiano Ronaldo (kanan) diganjar kartu kuning oleh wasit Danny Makkelie (c) AP Photo Cristiano Ronaldo (kanan) diganjar kartu kuning oleh wasit Danny Makkelie (c) AP Photo

Sebelumnya usai laga Serbia vs Portugal berakhir, Fernando Santos sempat angkat bicara soal blunder Danny Makkelie. Ia mengaku kecewa terhadap kinerja wasit.

Yang lebih membuatnya kesal lagi, mengapa di level internsional, tak ada bantuan teknologi yang digunakan oleh pihak yang berwenang. Entah itu VAR atau teknologi garis gawang.

“Tidak dibolehkan dalam kompetisi seperti ini tidak ada VAR atau teknologi garis gawang. Bola berada setengah meter di dalam gawang, tidak ada halangan antara penjaga gawang dan garis gawang," keluhnya.

"Itu sangat jelas lho. Wasit membuat kesalahan, mereka manusia, tapi untuk itulah VAR ada," ketus Santos.

Cristiano Ronaldo sendiri sebelumnya juga sempat bereaksi usai laga Serbia vs Portugal tersebut. Melalui akun Instagram pribadinya, Ronaldo mengklaim keputusan wasit Danny Makkelie itu merugikan tak cuma dirinya dan rekan-rekannya tapi juga seluruh bangsa Portugal.

(A Bola)

KOMENTAR