BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bidding Tuan Rumah Piala Dunia U-20 : FIFA Inspeksi Stadion Manahan

17-09-2019 17:47 | Serafin Unus Pasi

Sekretaris Asprov PSSI Jawa Tengah, Purwidyastanto (c) Bola.net/Arie Sunaryo Sekretaris Asprov PSSI Jawa Tengah, Purwidyastanto (c) Bola.net/Arie Sunaryo

Bola.net - Perwakilan FIFA melakukan inspeksi ke Stadion Manahan, Solo, Selasa (17/9). Inspeksi dilakukan sebagai tindak lanjut pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Sebelum ke Solo, tim inspeksi terlebih dahulu melakukan verifikasi ke Stadion Gelora Boeng Karno Jakarta dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sebagaimana diketahui Indonesia menjadi salah satu dari tiga negara yang menjadi calon resmi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Dua negara yang menjadi pesaing Indonesia adalah Brasil dan Peru. Selain ketiga stadion tersebut, PSSI juga mengajukan 7 stadion lainnya. Yakni Si Jalak Harupat Bandung, I Wayan Dipta Bali, Patriot Chandrabhaga Bekasi, Wibawa Mukti Cikarang, Mandala Krida Yogyakarta Gelora Bung Tomo Surabaya dan Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Purwidyastanto Sekretaris Asprov PSSI Jawa Tengah mengatakan, pihaknya merasa bersyukur, pada akhirnya delegasi FIFA berkunjung ke Indonesia untuk memverifikasi beberapa stadion yang sudah diajukan Indonesia, terutama Stadion Manahan. Artinya mereka secara tidak langsung tertarik dengan Indonesia. Dan Indonesia berhasil menjadi salah satu kandidat tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 bersama Peru dan Brasil.

"Mereka tadi melakukan inspeksi secara teknis. Tentang kelengkapan ruangan, kondisi permukaan lapangan, fasilitas pendukung, fasilitas untuk media dan lainnya, sesuai standar yang ditetapkan. Bagaimana alur dan konektifitas antar ruangan, supaya kepastian Stadion Manahan akan digunakan terpenuhi," jelasnya.

Baca halaman selanjutnya ya Bolaneters

1 dari 1 halaman

Keunggulan Manahan

Namun yang lebih penting, menurutnya, setelah Stadion Manahan adalah adanya lapangan pendukung yang akan dijadikan tempat latihan bagi tim negara peserta. Karena, dikatakannya, tim peserta akan lebih banyak menghabiskan waktunya di lapangan tersebut untuk berlatih.

"Konsennya ini adalah bagaimana kita juga mensupport, mendukung dari sisi fasilitas lapangan latihannya," katanya.

Ia mengaku bersama delegasi FIFA sudah melihat sejumlah lapangan pendukung yang diajukan. Diantaranya Stadion Sriwedari, Lapangan Kottabarat dan Lapangan Banyuanyar. Ia menilai delegasi FIFA sangat tertarik dengan Indonesia. Sehingga secara detail mereka melakukan inspeksi hingga ke lapangan pendukung.

Ia berharap dukungan masyarakat dan pemerintah daerah agar Stadion Manahan khususnya dan Indonesia bisa terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

(Bola.net/Arie Sunaryo)

10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR