BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Best FIFA Men's Player 2019, Mane Lebih Layak Menang Ketimbang Messi

03-07-2020 01:19 | Dimas Ardi Prasetya

Bintang Liverpool, Sadio Mane (c) AP Photo Bintang Liverpool, Sadio Mane (c) AP Photo

Bola.net - Penyerang Liverpool Sadio Mane diklaim lebih layak memenangi Best FIFA Men's Player 2019 ketimbang Lionel Messi.

Klaim tersebut dilontarkan oleh legenda sepak bola Prancis, Alain Giresse. Messi sendiri jadi pemenang meski hanya memenangi kompetisi LaLiga.

Messi gagal membawa Barcelona juara di Liga Champions. Mereka dikalahkan oleh Liverpool di babak semifinal.

Liverpool sendiri akhirnya jadi juara Liga Champions. Messi kemudian terpilih sebagai pemenang penghargaan pemain terbaik FIFA tersebut sementara Mane hanya berada di peringkat kelima.

1 dari 2 halaman

Alasan Mane Lebih Layak Menang Ketimbang Messi

Alain Giresse kemudian menerangkan mengapa menurutnya Sadio Mane lebih layak jadi pemenang penghargaan Best FIFA Men's Player 2019 ketimbang Lionel Messi. Menurutnya prestasi yang diraih oleh Mane pada sepanjang tahun itu lebih baik dari raihan Messi.

"Saya pasti akan menempatkan Sadio Mane di depan Messi, dalam hal musim yang mereka miliki musim lalu," katanya kepada ESPN.

"Ketika saya menjadi pelatih kepala Senegal, Sadio masih muda tetapi di depannya ia memiliki potensi yang sangat besar, potensi teknis, dan potensi moral untuk terus menjadi pemain hebat, seperti yang telah ia lakukan hari ini," ujar Giresse.

2 dari 2 halaman

Sabotase

Saat dilaksanakannya voting untuk memilih pemenang penghargaan Pemain Terbaik FIFA tersebut, Alain Giresse berstatus sebagai pelatih timnas Tunisia. Artinya ia berhak untuk memberikan suaranya.

Namun Giresse mengaku surat suaranya disabotase. Ia mengaku tak pernah menerima formulir untuk voting tersebut.

"Saya tidak menerima kertas suara, jadi bukan saya yang memberikan suara [atas nama Tunisia]. Saya tidak bisa mengatakan siapa yang melakukannya, tetapi bukan saya," katanya.

Pilihan teratas dari kertas suara yang seharusnya diisi Alain Giresse saat itu adalah Cristiano Ronaldo, sementara Virgil Van Dijk kedua dan Lionel Messi ketiga.

(ESPN)

KOMENTAR