Apesnya Senegal di Piala Dunia 2018: Gagal Lolos ke 16 Besar Karena Kartu Kuning

Asad Arifin | 19 Agustus 2022, 13:15
Sadio Mane melewati hadangan Yerry Mina. (c) AP
Sadio Mane melewati hadangan Yerry Mina. (c) AP

Bola.net - Senegal harus melupakan impiannya melaju lebih jauh di Piala Dunia 2018. Mereka harus gugur pada fase grup. Sialnya, mereka gagal melaju ke babak gugur karena kartu kuning.

Saat itu Senegal tergabung dalam Grup H bersama Kolombia, Jepang dan Polandia. Hasil akhir Grup H menampilkan Kolombia sebagai juara grup dan Jepang sebagai runner up.

Sebenarnya poin dan agresivitas gol Senegal dan Jepang sama. Namun ada satu hal yang membuat kegagalan Senegal menjadi lebih menyakitkan. Hal tersebut adalah kartu kuning.

Siapa sangka kartu kuning akan menjadi penghambat Senegal melaju ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018. Jumlah kartu kuning Senegal saat itu lebih banyak dibandingkan Jepang sehingga mereka harus tersingkir lebih awal di Piala Dunia 2018.

1 dari 2 halaman

Koleksi 6 Kartu Kuning

Senegal total mengoleksi enam kartu kuning dari tiga laga. Mereka terpaut dua kartu kuning dari Jepang yang hanya mengoleksi empat.

Setiap laga yang dijalankan Senegal pasti berbuah setidaknya satu kartu kuning. Di laga perdana saja, Senegal sudah mengoleksi dua kartu kuning.

Sialnya lagi adalah Senegal mendapatkan kartu kuning terbanyak saat bermain imbang melawan Jepang yang menyingkirkan mereka. Saat itu laga berjalan cukup keras dengan keluarnya lima kartu kuning. Tiga bagi Senegal dan dua bagi Jepang.

Satu kartu kuning tambahan didapatkan Senegal di laga akhir melawan Kolombia. Laga tersebut juga menjadi pengubur mimpi Senegal karena kalah 1-0 atas Kolombia.

2 dari 2 halaman

1 Menang, 1 Imbang, dan 1 Kalah

Senegal vs Kolombia (c) AP

Senegal vs Kolombia (c) AP

Grup H menjadi grup yang paling kompetitif di Piala Dunia 2018. Setiap tim di Grup ini pasti mengalami setidaknya satu kemenangan dan satu kekalahan.

Senegal mengoleksi poin yang sama dengan Jepang yakni empat poin. Hasil itu didapatkan setelah menang atas Polandia 2-1, imbang melawan Jepang 2-2, dan kalah atas Kolombia 1-0.

Sementara juara grup Kolombia mengoleksi enam poin hasil dua kemenangan dan satu kekalahan atas Jepang. Polandia yang menjadi juru kunci Grup H juga berhasil meraih satu kemenangan atas Jepang dan dua kekalahan.

Sama-sama mengoleksi empat poin dengan Jepang, Senegal justru harus menerima gugur lebih awal. Jumlah kartu kuning mereka lebih banyak dibandingkan Jepang sehingga tim Samurai Biru berhak lolos ke 16 Besar.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR