Andre Onana Tidak Terima Didepak dari Skuad Kamerun

Abdi Rafi Akmal | 30 November 2022, 00:15
Andre Onana Tidak Terima Didepak dari Skuad Kamerun
Aksi Andre Onana saat mengawal gawang Kamerun saat melawan Swiss di Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) (c) AP Photo/Petr Josek

Bola.net - Keputusan timnas Kamerun untuk tidak menyertakan Andre Onana di laga kedua Grup G Piala Dunia 2022 sempat membuat bingung banyak orang. Pasalnya, Onana adalah kiper utama Kamerun.

Di laga tersebut, Kamerun mengakhiri pertandingan melawan Serbia dengan skor 3-3, Senin (28/11/2022) WIB. Posisi Onana sejak awal digantikan oleh Devis Epassy. Padahal saat itu Onana tidak dilaporkan sedang menderita cedera.

Pelatih Rigobert Song lalu buka suara di akhir pertandingan. Ia membeberkan keputusannya tidak menyertakan Onana karena masalah kedisiplinan sang pemain.

Akun resmi federasi Kamerun juga mendukung langkah Song dan menyatakan bahwa Onana dihukum dengan tidak bisa membela Kamerun di satu pertandingan terakhir fase grup edisi tahun ini.

Onana kemudian merespons lewat akun Twitter pribadinya. Kiper milik Inter Milan itu intinya tidak terima dengan keputusan yang diambil Song dan federasi Kamerun dan merasa tidak ada masalah dengan kedisiplinannya.

1 dari 4 halaman

Sempat Dikira Karena Gaya Main

Sejumlah laporan awal menyebutkan bahwa keputusan Song mengeluarkan Onana di laga kedua karena kiper berusia 26 tahun itu bermain tidak sesuai dengan keinginannya.

Di laga pertama menghadapi Swiss, Onana menjadi kiper dengan sentuhan bola terbanyak (26) di luar kotak penalti sepanjang sejarah Piala Dunia. Gaya ini yang dinilai tidak sesuai dengan kehendak Song.

Namun demikian, Onana juga membantah jika pelatih pernah mempermasalahkan dirinya. “Karena saya main dengan kaki? Bukan itu alasannya,” ucap Onana dilansir dari Relevo.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Resmi Onana

Onana mengakui dalam pernyataan resminya bahwa ia tidak melakukan hal-hal yang seperti dikhawatirkan. Berkat pelarangan itu, Onana dijadwalkan akan terbang kembali ke Italia dan bergabung bersama Inter.

“Kemarin saya tidak diizinkan berada di lapangan untuk membantu Kamerun, seperti yang selalu saya lakukan, untuk mencapai tujuan tim. Saya selalu berperilaku untuk memimpin tim menuju kesuksesan dengan cara yang baik.

"Saya telah mengerahkan seluruh upaya dan energi saya untuk menemukan solusi atas situasi yang sering dialami seorang pesepakbola, tetapi tidak ada kemauan di pihak lain. Beberapa momen sulit diasimilasi.

"Namun, saya selalu menghormati dan mendukung keputusan orang-orang yang bertanggung jawab mengejar kesuksesan tim dan negara kami. Saya memberikan semua kekuatan saya kepada rekan satu tim karena kami menunjukkan bahwa kami mampu melangkah sangat jauh dalam kompetisi ini.

"Nilai-nilai yang saya promosikan sebagai pribadi adalah nilai-nilai yang mengidentifikasi saya, dan yang telah diberikan keluarga saya sejak kecil. Mewakili Kamerun selalu menjadi hak istimewa. Bangsa yang pertama dan selamanya,” tulisnya.

3 dari 4 halaman

Tetap Dukung Timnas

Sekalipun didepak dari Kamerun, Onana memastikan akan terus mendukung tim nasionalnya. Kamerun saat ini masih berpeluang lolos grup, asalkan bisa mengalahkan Brasil.

“Saya saat ini baik-baik saja. Mau keputusan itu adil atau tidak sudah percuma sekarang. Hal paling penting adalah timnas saya selalu menang dan saya berharap mereka dibekali banyak keberuntungan,” tandasnya.

Sumber: Relevo, Twitter

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR