Aime Jacquet, Pelatih Jenius yang Bawa Prancis Raih Trofi Piala Dunia Perdana di 1998

Serafin Unus Pasi | 30 September 2022, 21:02
Aime Jacquet mengangkat trofi Piala Dunia 1998 bersama Timnas Prancis (c) FIFA
Aime Jacquet mengangkat trofi Piala Dunia 1998 bersama Timnas Prancis (c) FIFA

Bola.net - Timnas Prancis mampu menyelesaikan misinya dengan sukses di Piala Dunia 1998. Digelar di rumah sendiri, Prancis secara heroik keluar sebagai juara Piala Dunia 1998.

Gelar juara tersebut menjadi yang pertama bagi Prancis sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Gelar juara ini juga semakin terasa istimewa setelah mereka mampu menghancurkan tim langganan juara, Brasil di partai puncak.

Prestasi gemilang Prancis di Piala Dunia tidak lepas dari sumbangsih besar sang pelatih, Aime Jacquet. Pelatih asal Prancis ini sanggup memberikan kejutan di tengah gemerlapnya pelatih-pelatih kelas dunia.

Padahal Jacquet bukan pelatih yang pernah menangani klub ataupun timnas top dunia. Namun di bawah tangan dinginnya, Prancis mampu menampilkan diri sebagai kekuatan Eropa yang layak diperhitungkan.

1 dari 2 halaman

Prancis Sapu Bersih Kemenangan

Di bawah taktik Aime Jacquet, Prancis tampil impresif sepanjang Piala Dunia 1998. Jacquet mampu membawa anak asuhnya menyapu bersih semua laga Piala Dunia dengan kemenangan.

Di Fase Grup, Prancis mampu meraih sembilan poin hasil tiga kemenangan melawan Denmark,Arab Saudi, dan Afrika Selatan. saat itu Prancis keluar sebagai tim paling produktif dengan total sembilan gol dari tiga laga.

Di Fase knock-out, langkah Prancis tak semulus di Fase Grup. Sebelum melawan Brasil di Final, Prancis sangat kesulitan melawan Paraguay, Italia, hingga Kroasia.

Namun Jacquet mampu membawa Prancis keluar sebagai pemenang hingga partai puncak. Prancis sanggup mencetak total 15 gol dan hanya kebobolan dua gol saja.

2 dari 2 halaman

Pensiun Setelah Meraih Gelar Piala Dunia

Kesuksesan Jacquet yang membawa timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 1998 membuat namanya melambung. Namun Jacquet justru memilih untuk pensiun sebagai pelatih sepak bola.

Jacquet tercatat melatih timnas Prancis selama empat musim lamanya sejak dikontrak pada musim 1993/1994. Selama menangani timnas Prancis, Jacquet telah memainkan 53 laga dengan persentase poin per laga sebesar 2.26.

Sebelum menjadi juru taktik timnas Prancis, Jacquet melatih beberapa tim Liga Prancis. Namun, karier paling sukses Jacquet sebagai pelatih klub ketika membela Girondins Bordeaux.

Jacquet tercatat melatih Bordeaux selama sembilan musim. Di bawah asuhannya, Bordeaux mampu memenangkan tiga gelar Liga Prancis dan satu Piala Super Prancis.

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR