5 Rekor yang Mustahil Dipecahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022

Ari Prayoga | 14 Agustus 2022, 07:07
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (c) AFP
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (c) AFP

Bola.net - Sangat banyak rekor fantastis yang tercipta di pentas Piala Dunia. Namun, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo takkan mampu memecahkan sederet rekor berikut ini di Piala Dunia 2022 nanti.

Messi dan Ronaldo boleh saja disebut sebagai dua pemain terhebat dalam sejarah sepak bola. Namun, keduanya hingga kini masih belum pernah menjadi juara dunia bersama negara masing-masing.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Messi akan memimpin Argentina memburu gelar ketiga setelah 1986 dan 1978. Sedangkan Ronaldo memimpin Portugal untuk menorehkan sejarah pertama di pesta bola terakbar empat tahunan.

Meski begitu, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tak akan pernah bisa memecahkan lima rekor di Piala Dunia 2022 Qatar. Apa saja?

1 dari 5 halaman

Assist Terbanyak

Pele Merayakan kemenangan Brasil di Final Piala Dunia 1970 (c) FIFA

Pele Merayakan kemenangan Brasil di Final Piala Dunia 1970 (c) FIFA

Rekor assist terbanyak di Piala Dunia dimiliki Pele, yang bermain di empat Piala Dunia dan mengumpulkan 10 assist.

Pemain Brasil itu hanya berhasil membuat tiga assist dalam tiga penampilan pertamanya di Piala Dunia 1958, 1962 dan 1966.

Di Piala Dunia 1970, sang legenda mengemas enam assist. Itu adalah jumlah assist terbanyak dalam satu Piala Dunia dan belum tersalip hingga saat ini.

2 dari 5 halaman

Kapten Terbanyak

Rafael Marquez (c) AFP

Rafael Marquez (c) AFP

Rekor turnamen Piala Dunia terbanyak sebagai kapten saat ini dipegang oleh pemain Meksiko Rafael Marquez. Dia mengenakan ban kapten untuk negaranya dalam lima edisi Piala Dunia.

Mantan bek Barcelona terpilih sebagai kapten untuk pertama kalinya di Piala Dunia 2002. Kemudian berlanjut di edisi 2006, 2010, 2014, serta 2018.

Messi mengenakan ban kapten Albeceleste secara permanen sejak 2011 ketika Alejandro Sabella mengambil alih pelatih Argentina. La Pulga akan tampil dalam lima edisi Piala Dunia jika berangkat ke Qatar, di mana dua di antaranya dipercaya sebagai kapten. Seperti Messi, Piala Dunia 2022 akan menjadi yang kelima bagi Ronaldo.

3 dari 5 halaman

Pencetak Gol Termuda

Legenda Brasil, Pele (c) Bola.net

Legenda Brasil, Pele (c) Bola.net

Pele bermain di Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 1958, tampil di pertandingan penyisihan grup terakhir melawan Uni Soviet. Dia tidak bisa mencetak gol, tetapi Brasil tetap menang 2-0.

Saat Brasil menghadapi Wales di perempat final, Pele mencetak gol pertama di Piala Dunia. Dia baru berusia 17 tahun dan 239 hari. Menang 1-0, Pele menjadi pencetak gol termuda di Piala Dunia.

Messi mencetak gol dalam penampilan pertamanya di Piala Dunia kala Argentina bentrok kontra Serbia dan Montenegro di Piala Dunia 2006. Saat itu, La Pulga berusia 19 tahun. Sedangkan Ronaldo sudah berusia 21 tahun ketika mencetak gol pertamanya di Piala Dunia 2006 saat melawan Iran di pertandingan penyisihan grup.

4 dari 5 halaman

Rekor Runner-up

Ronaldo di Piala Dunia 1998 (c) AFP

Ronaldo di Piala Dunia 1998 (c) AFP

Rekor untuk paling sering di finis posisi kedua atau runner up Piala Dunia dipegang enam pemain. Mereka adalah Nilton Santos, Pele, Cafu, Ronaldo (Brasil), Pierre Littbarski, dan Lothar Matthaus.

Messi membawa Argentina ke final Piala Dunia FIFA 2014, tetapi kalah melawan Jerman. Sementara, finis terbaik Ronaldo di Piala Dunia tersuguh pada tahun 2006, ketika Portugal finis di urutan keempat.

5 dari 5 halaman

Pemain Terbanyak Raih Gelar Juara Piala Dunia

Pele (c) AFP

Pele (c) AFP

Hanya 21 pemain yang berhasil memenangkan Piala Dunia lebih dari sekali dan hanya satu dari mereka yang mengangkat trofi yang didambakan lebih dari dua kali. Dia adalah Pele.

Pemain Brasil itu memenangi Piala Dunia pertamanya pada 1958 saat berusia 17 tahun. Dia juga menyabetnya dalam dua edisi lagi yakni 1962 dan 1970. Ini adalah rekor yang bertahan hingga saat ini. Messi maupun Ronaldo pastilan tak mampu memecahkan rekor itu.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.com (Choki Sihotang, Yus Mei Sawitri) 11 Agustus 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR