5 Pemain Bintang yang Tidak Dipanggil Timnas Brasil: Trio Gabriel Padahal Gacor di Arsenal

Richard Andreas | 21 September 2022, 11:30
Striker Arsenal, Gabriel Jesus (c) AP Photo
Striker Arsenal, Gabriel Jesus (c) AP Photo

Bola.net - Brasil punya salah satu skuad terbaik menjelang Piala Dunia 2022 Qatar. Wajar menyebut pasukan Tite sebagai salah satu calon kuat juara untuk edisi tahun ini.

Sepak bola memasuki masa jeda internasional. Tite pun menggunakan kesempatan ini untuk memanaskan mesin skuadnya dalam laga uji coba kontra Ghana dan Tunisia.

Menariknya, dalam daftar skuad Brasil yang diumumkan pekan lalu, ada beberapa nama pemain yang absen. Padahal pemain-pemain ini dianggap sedang bermain bagus di level klub.

Di antaranya ada trio Gabriel dari Arsenal: Magalhaes, Martinelli, dan Jesus. Ketiganya main apik di awal musim ini dan terbukti jadi andalan Mikel Arteta untuk membawa Arsenal ke puncak klasemen Liga Inggris.

Absennya tiga pemain itu pun ramai dibicarakan. Terlebih, selain ketiga pemain tersebut, masih ada dua pemain lagi yang dianggap layak masuk skuad Brasil. Siapa saja? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 7 halaman

5. Philippe Coutinho

Pemain Aston Villa Philippe Coutinho. (c) AP Photo

Pemain Aston Villa Philippe Coutinho. (c) AP Photo

Brasil tidak punya banyak gelandang kreatif, Philippe Coutinho seharusnya mengisi posisi tersebut. Setahun terakhir, Coutinho perlahan-lahan menemukan permainan terbaiknya kembali di West Ham.

Sayangnya, Coutinho bermasalah dengan konsistensi. Dia bermain cukup baik musim lalu, tapi belum mencapai level yang sama di awal musim ini.

Tite mungkin tidak punya banyak alasan untuk memanggil Coutinho di jeda internasional kali ini. Masih ada beberapa bulan sebelum Piala Dunia, tapi jika performa Coutinho tidak membaik, kemungkinan besar dia tidak akan dipanggil.

2 dari 7 halaman

4. David Neres

Winger Benfica, David Neres (c) AP Photo

Winger Benfica, David Neres (c) AP Photo

Nama David Neres mulai terdengar seiring dengan perkembangan Ajax Amsterdam beberapa tahun terakhir. Kini, dia jadi bintang utama Benfica di lini serang.

Neres sudah mencatatkan total 5 gol dari 11 pertandingan untuk Benfica di semua kompetisi musim ini. Dia bisa mengisi beberapa pos lini serang sekaligus.

Persoalannya, Neres masih dianggap kalah bagus dari winger-winger Brasil lainnya, seperti Vinicius Junior dan Raphinha.

3 dari 7 halaman

3. Gabriel Martinelli

Aksi Gabriel Martinelli di laga Arsenal vs Aston Villa, Premier League 2022/23 (c) AP Photo

Aksi Gabriel Martinelli di laga Arsenal vs Aston Villa, Premier League 2022/23 (c) AP Photo

Trio Gabriel Arsenal tidak masuk dalam skuad Brasil musim ini. Gabriel pertama adalah Gabriel Martinelli, winger andalan Mikel Arteta di awal musim ini.

Martinelli mulai sering diturunkan sebagai starter musim ini. Dia sudah mencetak 3 gol dari 7 pertandingan di Liga Inggris, angka yang cukup bagus.

Biar begitu, Martinelli masih kalah bersaing dari para penyerang Brasil lainnya. Dia masih 21 tahun, kariernya masih panjang, jadi mungkin Martinelli tidak perlu terlalu kecewa jika gagal ke Piala Dunia tahun ini.

4 dari 7 halaman

2. Gabriel Magalhaes

Selebrasi Gabriel Magalhaes usai mencetak gol di laga West Ham vs Arsenal, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Selebrasi Gabriel Magalhaes usai mencetak gol di laga West Ham vs Arsenal, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Gabriel berikutnya adalah Gabriel Magalhaes, salah satu bek paling tangguh Arsenal di awal musim ini. Entah mengapa nama Magalhaes tidak masuk pertimbangan Tite.

Jika dilihat daftar skuad Brasil untuk jeda internasional ini, tidak banyak bek tengah yang benar-benar bermain jauh di atas level Magalhaes. Mungkin hanya Marquinhos dan Thiago Silva yang bisa dianggap bakal jadi starter.

Selain dua nama tersebut, Magalhaes seharusnya masih bisa bersaing. Jadi, sebelum Tite mengumumkan skuad final untuk Piala Dunia nanti, Magalhaes masih punya kesempatan

5 dari 7 halaman

1. Gabriel Jesus

Selebrasi Gabriel Jesus usai mencetak gol dalam laga Nurnberg vs Arsenal, Jumat (8/7/2022) (c) Arsenal FC

Selebrasi Gabriel Jesus usai mencetak gol dalam laga Nurnberg vs Arsenal, Jumat (8/7/2022) (c) Arsenal FC

Absennya Gabriel Jesus dalam skuad Brasil kali ini jadi ramai dibicarakan. Pasalnya, Jesus benar-benar memulai musim 2022/23 dengan baik.

Striker 25 tahun itu sudah mencatatkan 4 gol dan 3 assists dari 7 penampilan di Premier League. Kontribusi Jesus jadi salah satu alasan Arsenal masih di pucuk klasemen Liga Inggris musim ini.

Jesus sendiri mengaku tidak masalah dengan keputusan Tite. Dia masih akan jadi fans nomor satu Brasil untuk Piala Dunia nanti, entah diminta bermain atau harus berperan sebagai penonton.

6 dari 7 halaman

Daftar skuad Brasil selengkapnya

Kiper: Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City), Weverton (Palmeiras).

Belakang: Alex Sandro (Juventus), Alex Telles (Sevilla), Gleison Bremer (Juventus), Danilo (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Roger Ibanez (Roma), Marquinhos (Paris Saint-Germain), Thiago Silva (Chelsea).

Tengah: Bruno Guimaraes (Newcastle United), Casemiro (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Lucas Paqueta (West Ham United).

Depan: Antony (Manchester United), Roberto Firmino (Liverpool), Matheus Cunha (Atletico Madrid), Neymar (Paris Saint-Germain), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham Hotspur), Rodrygo (Real Madrid), Vinicius Junior (Real Madrid).

7 dari 7 halaman

Perkiraan starting XI terkuat Brasil

Kiper: Alisson
Belakang: Alex Sandro, Silva, Marquinhos, Danilo
Tengah: Fred, Casemiro, Paqueta
Depan: Vinicius Junior, Neymar, Raphinha

Sumber: Bola, Express

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR