5 Mantan Pemain Liga 1 yang Pernah Meramaikan Piala Dunia

Serafin Unus Pasi | 21 November 2022, 21:09
5 Mantan Pemain Liga 1 yang Pernah Meramaikan Piala Dunia
Trofi Piala Dunia. (c) dok.FIFA

Bola.net - Perhelatan Piala Dunia tidak hanya jadi panggung bagi para pemain yang bermain di kompetisi elite, seperti Premier League, Serie A, La Liga, dan Bundesliga. Mantan pemain Liga 1 Indonesia juga ada yang sempat merasakan atmosfernya.

Piala Dunia digelar setiap empat tahun sekali. Tim-tim terbaik dari seluruh dunia saling berebut untuk berlaga di ajang tersebut.

Oleh karenanya, tidak heran jika Piala Dunia selalu jadi turnamen yang bertabur pemain-pemain bintang. Bahkan, beberapa di antara mereka yang mencicipi atmosfer Piala Dunia ternyata pernah berlaga di Liga Indonesia.

Satu di antaranya yaitu Michael Essien. Selain dia, masih ada beberapa nama lagi. Siapa saja? Berikut daftarnya.

1 dari 5 halaman

Michael Essien

Michael Essien ketika berseragam Persib Bandung (c) Liputan6.com/ Kukuh Saokani

Michael Essien ketika berseragam Persib Bandung (c) Liputan6.com/ Kukuh Saokani

Michael Essien bermain dalam dua edisi Piala Dunia bersama Timnas Ghana. Dua kesempatan itu didapatkannya pada 2006 dan 2014.

Di Piala Dunia 2006, Ghana berhasil melaju hingga babak 16 besar. Namun di edisi 2014, Michael Essien dan kawan-kawan harus tersingkir di fase grup.

Pada musim 2017, Michael Essien kemudian berlabuh di Persib Bandung. Mantan pemain Lyon, Chelsea, dan Real Madrid itu memperkuat Maung Bandung selama semusim.

2 dari 5 halaman

Didier Zokora

Didier Zokora (c) Liga1

Didier Zokora (c) Liga1

Nama kedua yang berada di daftar ini adalah Didier Zokora. Ia mendapat kesempatan bermain di Piala Dunia bersama Timnas Pantai Gading pada 2006, 2010, dan 2014.

Sayangnya, dalam tiga edisi itu Pantai Gading harus tersingkir di babak penyisihan grup.

Di Indonesia, Didier Zokora pernah bermain untuk Semen Padang pada 2017. Sebelum gabung Tim Kabau Sirah, ia sempat berseragam Tottenham Hotspurs dan Sevilla.

3 dari 5 halaman

Peter Odemwingie

Peter Odemwingie (c) Fitri Apriani

Peter Odemwingie (c) Fitri Apriani

Selain Michael Essien dan Didier Zokora, alumnus Liga 1 yang pernah tampil di Piala Dunia adalah Peter Odemwingie. Eks penyerang Madura United itu tampil pada tiga edisi, yaitu 2006, 2010, dan 2014 bersama Timnas Nigeria.

Sebelum bergabung dengan Madura United, Peter Odemwingie malang melintang di beberapa klub Premier League. Ia pernah memperkuat West Bromwich Albion, Cardiff City, Stoke City, Bristol City, dan Rotterham United.

4 dari 5 halaman

Ivan Bosnjak

Pemain berikutnya yang ada di daftar ini adalah Ivan Bosnjak. Mantan penyerang Persija Jakarta itu masuk dalam skuad Timnas Kroasia di Piala Dunia 2006.

Sayangnya Bosnjak gagal membantu Kroasia lolos ke babak 16 besar. Kroasia yang ketika itu masuk Grup F kalah bersaing dengan Brasil dan Australia.

5 dari 5 halaman

Pierre Njanka

Aksi Pierre Njanka bersama Timnas Senegal (c) AFP

Aksi Pierre Njanka bersama Timnas Senegal (c) AFP

Nama terakhir sekaligus pelopor jebolan Piala Dunia yang bermain di Indonesia adalah Pierre Njanka. Bek Timnas Kamerun di Piala Dunia 1998 dan 2002 itu bermain untuk lima klub Indonesia, yaitu Persija Jakarta, Arema FC, Mitra Kukar, Aceh United, dan Persisam.

Pierre Njanka mungkin jadi satu-satunya alumni Piala Dunia yang berprestasi di Tanah Air. Ia membawa Arema FC menjadi juara Liga Indonesia musim 2009-2010.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR