4 Top Skor Sepanjang Masa Timnas Inggris di Piala Dunia

Asad Arifin | 9 Agustus 2022, 13:30
Timnas Inggris saat mengalahkan Ukraina di perempat final Euro 2020 (c) AP Photo
Timnas Inggris saat mengalahkan Ukraina di perempat final Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Inggris selalu tampil dengan kejutan kala bermain di Piala Dunia. Kejutan yang diberikan tidak selalu positif untuk timnas Inggris.

Misalnya di Piala Dunia 2014 ketika Inggris menjadi juru kunci Grup D dengan koleksi satu poin. Kala itu Inggris bahkan kalah saing dengan tim non unggulan, Kosta Rika yang menjadi juara grup.

Empat tahun setelahnya, Inggris justru tampil cukup baik dengan mencapai babak Semifinal di Rusia. Mereka harus menerima comeback Kroasia di babak perpanjangan waktu, Inggris kalah 2-1 dari Kroasia.

Bukan hanya timnasnya saja, pemain Inggris pun tidak mau kalah. Harry Kane yang baru menjalankan debut Piala Dunia nya berhasil keluar sebagai top Skor Piala Dunia 2018 dengan enam gol. Selain Kane, berikut jajaran top skor sepanjang sejarah Piala Dunia Inggris.

1 dari 4 halaman

Gary Lineker (10 gol)

Gary Lineker (c) Ist

Gary Lineker (c) Ist

Gary Lineker adalah striker kenamaan Inggris di tahun 1985 hingga awal 1990-an. Secara keseluruhan, Lineker mencetak 48 gol bagi timnas Inggris.

Jumlah golnya masih di bawah top skor sepanjang masa Inggris, Wayne Rooney dengan koleksi 53 gol. Selain itu jumlah gol Lineker juga masih dibawah Harry Kane dan Sir Bobby Charlton.

Namun, Lineker merupakan striker Inggris tersubur di Piala Dunia. Lineker mencetak 10 gol dari dua Piala Dunia yang dia ikuti pada tahun 1986 dan 1990. 10 gol itu menobatkan dia sebagai top skor sepanjang masa Inggris di Piala Dunia.

2 dari 4 halaman

Harry Kane (6 gol)

Kapten Inggris, Harry Kane (c) AP Photo

Kapten Inggris, Harry Kane (c) AP Photo

Harry Kane punya peluang mencetak rekor fantastis di Piala Dunia 2022 nanti. Kane hanya terpaut empat gol dari Gary Lineker dan berpeluang melewatinya.

Harry Kane baru mengikuti Piala Dunia pada edisi Rusia di tahun 2018. Kala itu Harry Kane keluar sebagai top skor dengan enam golnya. Kane yang masih berusia 29 tahun juga masih berpotensi ikut Piala Dunia 2026.

Jika Kane bisa mencetak empat gol atau lebih di Piala Dunia, ia akan mencatat dua gelar sekaligus. Selain top skor Inggris sepanjang sejarah Piala Dunia, Kane juga akan menjadi top skor sepanjang masa Inggris melewati 53 gol Wayne Rooney.

3 dari 4 halaman

Geoff Hurst (5 gol)

Geoff Hurst menjadi striker kebanggaan Inggris yang mempersembahkan gelar Piala Dunia 1966. Saat itu Inggris menjadi tuan rumah Piala Dunia, menang melawan Jerman di partai puncak.

Pada Piala Dunia 1966 Hurst yang baru berusia 24 tahun berhasil mencetak empat gol. Ia bahkan menjadi pemain kunci Inggris kala mencetak hattrick di Final melawan Jerman.

Hurst juga mengikuti Piala Dunia 1970 yang digelar di Meksiko. Namun kegemilangan Hurst di Piala Dunia sebelumnya tidak mampu ditularkan di Meksiko. Ia hanya mencetak satu gol di pertandingan perdana kala melawan Rumania.

4 dari 4 halaman

Bobby Charlton dan Michael Owen (4 gol)

Michael Owen (c) AFP

Michael Owen (c) AFP

Di posisi keempat terdapat dua nama yakni Sir Bobby Charlton dan Michael Owen. Mereka sama-sama mencetak empat gol sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia.

Charlton merupakan gelandang serang legendaris milik Inggris di tahun 1960-an. Charlton mengikuti dua edisi Piala Dunia pada tahun 1962 dan 1966. Charlton juga berhasil membawa Inggris juara pada Piala Dunia 1966 saat mereka menjadi tuan rumah.

Sementara Michael Owen merupakan striker lincah Inggris pada awal akhir 1990-an. Owen juga mengikuti dua Piala dunia pada tahun 1998 dan 2002. Kala itu Owen mencetak dua gol di Prancis dan dua gol di Korea Selatan-Jepang.

Sumber: Transfermarkt
(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR