4 Top Skor Sepanjang Masa Timnas Belanda

Asad Arifin | 27 September 2022, 12:42
Skuat Belanda merayakan gol Virgil van Dijk ke gawang Belgia di laga matchday 6 UEFA Nations League A Grup 4 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Senin (26/09/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo
Skuat Belanda merayakan gol Virgil van Dijk ke gawang Belgia di laga matchday 6 UEFA Nations League A Grup 4 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Senin (26/09/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Daftar top skor Timnas Belanda. Robin van Persie masih menjadi top skor sepanjang masa Tim Oranje. Pemain yang berpotensi menggusur tahtanya sebagai pencetak gol terbanyak adalah pemain yang kini membela Barcelona.

Belanda saat ini sedang dalam performa terbaiknya di ajang internasional. Sejak dilatih Louis van Gaal mereka belum terkalahkan. Selain menorehkan catatan impresif, Tim Oranje dikenal sebagai tim yang dihuni oleh talenta-talenta mumpuni.

Sektor lini depan, merupakan sektor di mana talenta-talenta Belanda begitu diakui oleh panggung dunia. Mulai dari era Johan Cruyff, Marco van Basten, Ruud van Nistelrooy, hingga era Memphis Depay.

Nama terakhir adalah pemain aktif yang paling dekat dengan rekor gol Robin van Persie. Depay sudah membukukan 42 gol dan hanya berjarak delapan gol saja dengan raihan eks pemain Feyenoord itu.

Termasuk Depay, berikut empat pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Timnas Belanda. Siapa saja mereka? Yuk, scroll ke bawah Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Patrick Kluivert (40 gol)

Patrick Kluivert (c) Ist

Patrick Kluivert (c) Ist

Patrick Kluivert sudah tampil mengesankan di usia muda ketika mencetak gol kemenangan Ajax ke gawang AC Milan pada final Liga Champions 1995. Sejak saat itulah ia selalu menjadi andalan Timnas Belanda di berbagai kompetisi.

Kluivert total telah melakoni 79 pertandingan dan mengemas 40 gol. Ia juga merupakan top skor Piala Eropa 2000 dengan torehan 5 gol. Catatan 40 golnya sempat menjadi rekor sejak tahun 2003 hingga 2013.

2 dari 4 halaman

Memphis Depay (42 gol)

Penyerang Belanda, Memphis Depay (c) AP Photo

Penyerang Belanda, Memphis Depay (c) AP Photo

Pemain Barcelona, Memphis Depay kini bertengger di posisi ketiga sebagai top skor sepanjang masa timnas Belanda. Depay sejauh ini telah torehan 42 gol dari 80 kali penampilan.

Herannya, sebanyak 12 gol di antaranya ia pernah ciptakan pada kualifikasi Piala Dunia 2022. Berkat ketajamannya itulah Belanda sukses mengunci satu tempat di Qatar tahun depan.

Terakhir kali Depay mencetak gol bersama Tim Oranje terjadi saat melawan Wales dalam ajang UEFA Nations League bulan Juni lalu. Saat itu, pemain berusia 28 tahun sukses menyumbang gol di menit-menit akhir dengan kedudukan 3-2 untuk kemenangan Belanda.

3 dari 4 halaman

Klaas-Jan Huntelaar (42 gol)

Klaas-Jan Huntelaar (c) DFL

Klaas-Jan Huntelaar (c) DFL

Klaas-Jan Huntelaar merupakan striker paling tajam kedua sepanjang sejarah Timnas Belanda dengan mencetak 42 gol dari 76 penampilannya. Meskipun catatan tersebut ia buat sebagai pelapis bagi Robin van Persie di masa ia bermain.

Salah satu performanya yang paling impresif terjadi pada kualifikasi Piala Eropa 2012. Kala itu Huntelaar mencetak 12 gol yang merupakan rekor gol terbanyak saat itu. Eks pemain yang kini menjabat Direksi di Ajax Amsterdam ini juga memainkan peran penting pada Piala Dunia 2014 ketika mereka menjadi juara ketiga.

4 dari 4 halaman

Robin van Persie (50 gol)

Robin van Persie mencetak gol spektakuler ke gawang Timnas Spanyol pada Piala Dunia 2014 (c) KNVB Official

Robin van Persie mencetak gol spektakuler ke gawang Timnas Spanyol pada Piala Dunia 2014 (c) KNVB Official

Dengan torehan 50 gol dari 102 penampilan, Robin van Persie merupakan top skor sepanjang masa Timnas Belanda. Mantan pemain Arsenal dan Manchester United inilah yang memecahkan rekor gol milik Patrick Kluivert pada tahun 2013 usai mencetak hattrick ke gawang Hungaria.

Van Persie merupakan bagian Belanda kala mereka menjadi runner up Piala Dunia 2010. Salah satu golnya yang paling diingat adalah gol indahnya ke gawang Spanyol pada Piala Dunia 2014. Ketika itu ia seperti terbang untuk menanduk umpan manis yang dikirim oleh Daley Blind.

Sumber: KNVB dan FIFA

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR