4 Kapten yang Akan Bersaing di Grup A Piala Dunia 2022

Asad Arifin | 5 Oktober 2022, 13:42
Aksi Virgil van Dijk saat membela Belanda melawan Denmark di laga uji coba di  Johan Cruyff ArenA di Amsterdam, Belanda, Sabtu (26/03/2022). (c) AP Photo
Aksi Virgil van Dijk saat membela Belanda melawan Denmark di laga uji coba di Johan Cruyff ArenA di Amsterdam, Belanda, Sabtu (26/03/2022). (c) AP Photo

Bola.net - Piala Dunia 2022 akan berlangsung kurang dari dua bulan ke depan. Masing-masing tim mempersiapkan segala hal yang mampu memberikan kontribusi besar untuk mengukir sukses di Piala Dunia 2022 termasuk seorang kapten.

Peran seorang kapten dalam sebuah tim tidak dapat dianggap remeh. Kepemimpinan kapten cukup berpengaruh dalam memastikan strategi dan taktik berjalan langsung dalam permainan.

Kapten juga menjadi kepanjangan tangan dari pelatih yang tak bisa terjun langsung dalam memainkan strategi di lapangan. Pemilihan kapten bagi suatu tim akan terasa krusial, termasuk dengan tim-tim yang berlaga di Grup A Piala Dunia 2022.

Belanda, Senegal, Ekuador, dan Qatar telah memilih kapten terbaik mereka untuk menjadi pemimpin tim di lapangan. Siapa saja mereka? Berikut empat kapten yang akan bersaing di Grup A Piala Dunia 2022.

1 dari 4 halaman

Virgil van Dijk

Robert Lewandowski dan Virgil van Dijk di laga Polandia vs Belanda, UEFA Nations League 2022/2023 (c) AP Photo

Robert Lewandowski dan Virgil van Dijk di laga Polandia vs Belanda, UEFA Nations League 2022/2023 (c) AP Photo

Belanda memilih bek tangguh Virgil van Dijk sebagai pemimpin di Piala Dunia 2022. Bek tengah milik Liverpool ini memang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi terutama dalam mengorganisir lini pertahanan.

Pemilihan Van Dijk juga merupakan keputusan yang tepat bagi Tim Oranje. Pasalnya, Van Dijk merupakan sosok vital yang mampu membangun serangan melalui lini pertahanan.

Van Dijk memiliki kapasitas dalam mengalirkan bola ke lini tengah melalui trupas maupun langsung ke lini serang dengan umpan lambung. Van Dijk juga memiliki kemampuan membaca permainan yang sangat baik. Ini menjadi modal yang baik untuk timnas Belanda menghadapi pesaingnya di Grup A.

2 dari 4 halaman

Kalidou Koulibaly

Bek Chelsea Kalidou Koulibaly merayakan gol debutnya ke gawang Tottenham pada pekan ke-2 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (14/8/2022).  (c) Chelsea Official

Bek Chelsea Kalidou Koulibaly merayakan gol debutnya ke gawang Tottenham pada pekan ke-2 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (14/8/2022). (c) Chelsea Official

Timnas Senegal juga memiliki kapten yang tak kalah berkualitas untuk mengarungi Piala Dunia 2022. Kalidou Koulibaly menjadi sosok pemimpin Senegal yang akan memainkan peran vital bagi permainan timnya.

Pemain berusia 31 tahun ini memiliki segudang pengalaman sebagai seorang bek tengah. Ketangguhan Koulibaly di lini pertahanan akan meningkatkan percaya diri Timnas Senegal menghadapi lawannya di Fase Grup A.

Koulibaly yang bermain lama di liga top Eropa memiliki modal yang bagus untuk menghadapi para pemain bintang di Grup A. Koulibaly yang saat ini bermain bagi Chelsea telah mendapatkan pengalaman baru bermain di liga paling ketat di dunia, Premier League.

3 dari 4 halaman

Enner Valencia

Duel Enner Valencia dan Eder Militao di laga Ekuador vs Brasil, Jumat (28/1/2022) (c) AP Photo

Duel Enner Valencia dan Eder Militao di laga Ekuador vs Brasil, Jumat (28/1/2022) (c) AP Photo

Timnas Ekuador juga tak salah dalam memilih sosok kapten bagi timnya. La Tri memilih pemain senior, Enner Valencia untuk memimpin rekan-rekannya dalam memperebutkan satu tiket ke Fase Knock-Out Piala Dunia 2022.

Pemain berusia 32 tahun ini sudah paham betul filosofi bermain timnas Ekuador. Valencia yang melakukan debutnya pada tahun 2012 menjadi salah satu pemain paling senior dalam skuat Ekuador di Piala Dunia 2022.

Valencia yang bermain sebagai striker juga merupakan bakat terbaik yang pernah dimiliki timnas Ekuador. Kualitas Valencia dibuktikan dengan statusnya sebagai top skor sepanjang sejarah La Tri dengan torehan 35 gol.

4 dari 4 halaman

Saad Al-Sheeb

Bertindak sebagai tuan rumah membuat Qatar mempersiapkan kapten terbaiknya di Piala Dunia 2022. Timnas Qatar memutuskan Saad Al-Sheeb sebagai pemimpin The Maroons menghadapi musuh Tangguh di Grup A.

Qatar memilih pemain yang tepat sebagai pemimpin timnya di lapangan. Pasalnya, Saad merupakan pemain paling senior yang ada di timnas Qatar. Saat ini Saad yang berusia 32 tahun tercatat sudah menorehkan 80 caps bersama timnas Qatar.

Saad yang berposisi sebagai kiper ini juga memiliki catatan yang impresif bagi lini pertahanan Qatar. Catatan 26 laga nirbobol dan hanya kebobolan 68 gol menjadi bukti ketangguhan Saad sebagai tembok terakhir timnas Qatar.

Sumber: Transfermarkt dan Backpagefootball

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR