4 Calon Pemain Kunci Timnas Polandia di Piala Dunia 2022

Serafin Unus Pasi | 25 Juli 2022, 18:06
Robert Lewandowski dan Grzegorz Krychowiak dari Timnas Polandia (c) AP Photo
Robert Lewandowski dan Grzegorz Krychowiak dari Timnas Polandia (c) AP Photo

Bola.net - Piala Dunia 2022 menjadi ajang pembuktian bagi Timnas Polandia untuk menebus kehancuran mereka di Euro 2020. Dalam turnamen Euro 2020 lalu, Timnas Polandia gagal melangkah lebih jauh setelah menjadi juru kunci Grup E.

Kala itu Polandia hanya mampu meraup dua kali hasil imbang dan menelan sekali kekalahan. Kini, timnas Polandia memiliki tekad yang besar untuk bisa melangkah lebih jauh di perhelatan Piala Dunia 2022 nanti.

Dalam ajang Piala Dunia 2022 Qatar ini, timnas Polandia tergabung ke dalam Grup C bersama dengan Argentina, Arab Saudi dan Meksiko. Selama perhelatan Piala Dunia, pencapaian terbaik timnas Polandia adalah menjadi juara tiga yaitu pada edisi 1974 dan 1978.

Dengan skuad kombinasi pemain muda plus senior di Piala Dunia kali ini, pelatih Timnas Polandia Czeslaw Michniewicz sangat mungkin mengandalkan empat pilar ini untuk menjadi andalan di ajang paling prestisius tersebut. Yuk mari disimak Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Wojciech Szczesny

Kiper Timnas Polandia dan Juventus. Wojciech Szczesny. (c) AP Photo

Kiper Timnas Polandia dan Juventus. Wojciech Szczesny. (c) AP Photo

Didatangkan pada musim panas 2017 oleh Juventus dengan transfer senilai 12,2 juta euro (plus tambahan sebesar 3,1 juta euro tergantung performa) dari Arsenal kala itu, Szczesny tidak lantas langsung menjadi andalan bagi Bianconeri. Kendati awalnya datang sebagai cadangan Buffon, dia perlahan-lahan naik menjadi kiper utama.

Dari 177 penampilannya, dia telah menyumbang tiga gelar Liga Italia dan dua trofi Coppa Italia untuk klub raksasa asal Turin tersebut. Szczesny perlahan menjadi salah satu kiper elit di dunia. Penyelamatan-penyelamatan yang sanggup dilakukannya sungguh krusial. Baik saat menghadapi situasi satu lawan satu, melentingkan badan guna menepis bola-bola sulit maupun menggagalkan eksekusi penalti.

Berkat kemampuan apik Szczesny dan pengalaman segudang yang dimiliki, pemilik 64 caps bersama Timnas Polandia ini diprediksi bakal dipecaya oleh Czesław Michniewicz menjadi kiper utama Biale Orly (julukan Timnas Polandia) di Piala Dunia nanti.

2 dari 4 halaman

Matty Cash

Matthew Stuart Cash adalah pemain naturalisasi Polandia yang kini tengah membela klub EPL, Aston Villa. Pemain kelahiran Inggris tepatnya di kota Slough, 7 Agustus 1997 ini, memiliki garis keturunan Polandia dari ibu dan kakeknya.

Menariknya, selain mendapat paspor Polandia dan izin membela timnas, Cash juga mendapatkan nama baru, yaitu Mateusz Gotowka. Mateusz berasal dari Matthew dan Gotowka merupakan nama keluarga ibu dan kakeknya.

Di musim lalu, performa Cash bersama Aston Villa bisa dibilang mengesankan. Ia selalu menjadi starter di skuad asuhan Steven Gerrard dengan membukukkan 38 kali tampil dan mencetak empat gol serta tiga assist sekaligus mengantarkan The Villans nangkring di papan tengah klasemen EPL.

3 dari 4 halaman

Robert Lewandowski

Striker Polandia, Robert Lewandowski (c) AP Photo

Striker Polandia, Robert Lewandowski (c) AP Photo

Kapten sekaligus bintang Timnas Polandia ini patut dinantikan performanya di Piala Dunia nanti. Pemain yang musim ini baru didatangkan oleh Barcelona dengan nilai transfer mencapai 45 juta euro plus bonus 5 juta euro dari Bayern Munchen.

Striker yang kini berusia 33 tahun sudah membela delapan musim lamanya bersama Munchen. Di tim berjuluk Die Roten, Lewandowski total mengemas 375 kali tampil di semua ajang, serta mencetak 344 gol dan ia telah meraih beragam prestasi baik secara tim maupun individu.

Di level internasional, Robert Lewandowski melakoni debut bersama timnas Polandia senior pada laga menghadapi San Marino, 10 September 2008. Hingga saat ini, Lewandowski telah mengoleksi 132 caps bersama timnas Polandia dengan koleksi 76 gol.

4 dari 4 halaman

Jan Bednarek

Pemain Southampton Jan Bednarek saat melawan Arsenal di Premier League 2021/22. (c) AP Photo

Pemain Southampton Jan Bednarek saat melawan Arsenal di Premier League 2021/22. (c) AP Photo

Bek tengah berusia 26 tahun ini menjadi pilar klub EPL Southampton sejak 2017. Bednarek telah menghabiskan seluruh karirnya yang singkat di klub Ekstraklasa Polandia, Lech Poznan, dia bergabung dengan klub tersebut sebagai pemain muda sebelum masuk ke tim utama pada 2013.

Pada tahun 2013, Bednarek melakukan debut Ekstraklasa-nya, pada usia 17 tahun, untuk Lech Poznan melawan Piast Gliwice yang berakhir untuk kemenangan timnya dengan skor 2-0. Dia tampil sebanyak 31 kali dan mencetak satu gol untuk klub. Lalu dia ditransfer Southampton pada 1 Juli 2017 dengan biaya 5,7 juta euro dengan kontrak lima tahun.

Karier Bednarek bersama Timnas Polandia dimulai sejak tahun 2017 dan mencatat debut internasionalnya untuk Polandia dalam kemenangan 3-0 atas Kazakhstan. Dia juga ikut pada Skuad Polandia pada Piala Dunia FIFA 2018 dan Kejuaraan Eropa UEFA 2020

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR