4 Calon Pemain Kunci Timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2022

Asad Arifin | 27 Juli 2022, 13:02
Keylor Navas merayakan keberhasilan Kosta Rika lolos ke Piala Dunia 2022. (c) Costa Rica Football Official
Keylor Navas merayakan keberhasilan Kosta Rika lolos ke Piala Dunia 2022. (c) Costa Rica Football Official

Bola.net - Di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF, Kosta Rika menduduki peringkat empat. Mengoleksi 25 poin, mereka hanya kalah agresivitas gol dari Amerika Serikat. Alhasil, Kosta Rika harus melalui babak play-off.

Kosta Rika akhirnya keluar menjadi kontestan terakhir yang mengamankan satu tiket Piala Dunia 2022. Mereka lolos setelah mengalahkan Selandia Baru dalam babak Play off Inter Confederation dengan skor tipis 1-0 pada 15 Juni lalu.

Di Piala Dunia 2022, Kosta Rika tergabung di Grup E bersama dua raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol, serta Jepang. Grup E diprediksi menjadi salah satu grup yang panas. Terdapat dua tim langganan Piala Dunia dan dua tim kuda hitam menjadikan Grup E semakin sulit diprediksi.

Kosta Rika akan mengawali Piala Dunia melawan Spanyol pada Rabu (23/11/2022). Bermodal para pemain berpengalaman, Kosta Rika akan bermain habis-habisan di pertandingan perdana tersebut. Berikut prediksi empat pemain kunci Kosta Rika di Piala Dunia.

1 dari 4 halaman

Keylor Navas

Keylor Navas (c) La Liga

Keylor Navas (c) La Liga

Nama Keylor Navas mustahil tidak masuk daftar ini. Malang melintang membela klub top Eropa, Keylor Navas merupakan kiper kuat yang akan menyulitkan penyerang lawan.

Navas sukses di level klub kala memperkuat Real Madrid selama lima tahun. Navas berhasil mengantarkan Real Madrid menjuarai Champions League tiga tahun berturut-turut. Saat ini Navas bermain bersama klub kaya, Paris Saint Germain.

Bersama Kosta Rika, Navas tampil sangat baik di Piala Dunia Brasil 2014. Ia mampu tampil cemerlang dan membawa Kosta Rika melaju hingga babak delapan besar. Ini menjadi pencapaian tertinggi Kosta Rika di Piala Dunia.

2 dari 4 halaman

Joel Campbell

Joel Campbell (c) AFC

Joel Campbell (c) AFC

Nama Joel Campbell sempat terkenal saat ia membela Arsenal pada 2011. Villarreal, Olympiacos, Real Betis hingga Sporting Lisbon juga pernah merasakan servis pemain berusia 30 tahun ini.

Pengalaman Campbell di Eropa akan bermanfaat kala bertemu tim Eropa seperti Jerman dan Spanyol di Piala Dunia. Campbell sendiri bermain sebagai penyerang sayap. Kecepatanya akan menjadi senjata Kosta Rika dalam melakukan serangan balik.

Campbell memulai debutnya bersama Kosta Rika pada tahun 2011. Sejauh ini, dia telah memainkan 117 pertandingan dengan kontribusi 25 gol dan 20 assist.

3 dari 4 halaman

Bryan Ruiz

Xhaka duel dengan Ruiz di laga Swiss vs Kosta Rika (c) AP

Xhaka duel dengan Ruiz di laga Swiss vs Kosta Rika (c) AP

Kapten timnas Kosta Rika Bryan Ruiz merupakan salah satu pemain berbahaya. Bermain sebagai gelandang serang, kreativitas dan umpan-umpan Ruiz pasti akan menyulitkan lini pertahanan lawan.

Bryan Ruiz juga pernah berkarier di Eropa bersama beberapa klub top seperti Fulham, PSV Eindhoven, FC Twente hingga Sporting Lisbon. Karier terbaiknya ketika membela FC Twente pada tahun 2009.

Mencetak 43 gol dan 24 assist dari 96 pertandingan dan membawa timnya menjuarai Liga Belanda pada tahun 2009.

Memulai karier di timnas Kosta Rika sejak tahun 2005, Ruiz telah memainkan 143 pertandingan dengan koleksi 29 gol dan 23 assist. Ruiz juga berhasil membawa Kosta Rika memenangkan Piala Amerika Tengah pada tahun 2013.

4 dari 4 halaman

Bryan Oviedo

Pengalaman tahun bermain di Premier League bakal menjadi modal untuk Bryan Oviedo saat membela Kosta Rika di Piala Dunia 2022. Di Inggris, Oviedo pernah membela Everton dan Sunderland.

Oviedo berposisi utama sebagai bek kiri. Karier terbaiknya saat menjadi pemain Everton pada tahun 2012 hingga 2017. Total, Oviedo memainkan 68 pertandingan bersama Everton.

Di timnas, Oviedo memulai debut bersama timnas Kosta Rika pada tahun 2010. Oviedo memainkan 72 pertandingan dan menjadi pilihan utama pelatih Luis Fernando Suarez sebagai bek kiri.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR