BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

3 Kemenangan Terbesar di Final Piala Dunia, Brasil Selalu Terlibat

12-05-2020 10:43 | Gia Yuda Pradana

Ronaldo di Piala Dunia 1998 (c) AFP Ronaldo di Piala Dunia 1998 (c) AFP

Bola.net - Piala Dunia 2018 di Rusia adalah Piala Dunia edisi ke-21. Selama 21 edisi itu, sangat jarang tersaji laga final dengan margin gol yang cukup telak.

Sejauh ini, kemenangan dengan margin tiga gol merupakan kemenangan terbesar di partai pemungkas Piala Dunia.

Kemenangan dengan margin tiga gol di final Piala Dunia baru pernah tersaji tiga kali. Ketiga-tiganya melibatkan Brasil. Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Brasil 5-2 Swedia (Final Piala Dunia 1958)

Piala Dunia 1958 digelar di Swedia. Turnamen ini dikenal sebagai ajang debut legenda Brasil, Pele, yang waktu itu berusia 17 tahun.

Brasil lolos ke final. Lawan mereka adalah tuan rumah Swedia.

Final ini digelar di Rasunda Stadium, Solna, 29 Juni 1958. Brasil menang telak 5-2 dan meraih gelar pertama mereka.

Vava dan Pele masing-masing mencetak dua gol untuk Brasil, sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh Mario Zagallo. Sementara itu, Swedia cuma mencetak dua gol melalui Nils Liedholm dan Agne Simonsson.

2 dari 3 halaman

Brasil 4-1 Italia (Final Piala Dunia 1970)

Brasil meraih gelar juara Piala Dunia mereka yang ketiga di Meksiko 1970. Lawannya waktu itu cukup berat, yakni Italia yang diperkuat Giacinto Facchetti, Sandro Mazzola, Gianni Rivera, hingga Luigi Riva.

Final digelar di Estadio Azteca, 21 Juni 1970. Brasil masih terlalu perkasa.

Brasil menang 4-1.

Pele membuka keunggulan Brasil di menit 18, dan Italia membalas lewat Roberto Boninsegna di menit 37. Brasil kemudian mencetak tiga gol tambahan untuk melumat Italia, yakni lewat Gerson menit 66, Jairzinho menit 71, dan Carlos Alberto menit 86.

Pele meraih gelar juara Piala Dunia yang ketiga sekaligus terakhir dalam kariernya.

3 dari 3 halaman

Prancis 3-0 Brasil (Final Piala Dunia 1998)

Brasil kembali terlibat di final Piala Dunia yang menyajikan kemenangan dengan margin tiga gol. Namun, kali ini giliran Brasil yang jadi pecundang.

Final Piala Dunia 1998 digelar di Stade de France, 12 Juli 1998. Brasil berhadapan dengan tuan rumah Prancis.

Diwarnai misteri seputar striker utama mereka, Ronaldo, Brasil tumbang 0-3. Dua gol Zinedine Zidane dan satu gol injury time Emmanuel Petit memastikan Prancis meraih gelar juara Piala Dunia pertamanya.

Prancis waktu itu menjadi negara ke-6 yang menjuarai Piala Dunia sebagai tuan rumah, setelah Uruguay, Italia, Inggris, Jerman Barat, dan Argentina.

KOMENTAR