19 Laga Belum Kalah, Lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2022, Belanda Bangkit di Tangan Louis van Gaal

Abdi Rafi Akmal | 4 Desember 2022, 01:18
19 Laga Belum Kalah, Lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2022, Belanda Bangkit di Tangan Louis van Gaal
Pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Luca Bruno

Bola.net - Belanda mungkin tidak terlalu diperhitungkan di Piala Dunia 2022. Namun, Belanda yang sekarang menunjukkan kebangkitan di bawah asuhan Louis van Gaal.

Baru-baru ini, Belanda berhasil mencapai babak perempat final. Kesuksesan itu diraih usai menekuk Amerika Serikat dengan 3-1 di Khalifa International Stadium, Sabtu (3/12/20220) malam WIB.

Tiga gol Belanda yang masing-masing dicetak Memphis Depay, Daley Blind, dan Denzel Dumfries mengungguli gol yang hanya dicetak Haji Wright untuk Amerika Serikat.

Kemenangan yang baru saja diraih Belanda ini menegaskan rekor yang apik. Kubu Der Oranje belum pernah kalah sama sekali dalam 19 pertandingan terakhir sejak ditangani kembali oleh van Gaal.

1 dari 3 halaman

Bersinar di Periode Ketiga

Van Gaal sudah menangani Belanda dalam tiga waktu yang berbeda. Saat ini, ia sudah masuk periode yang ketiga. Periode yang berhasil mengantarkan Belanda bersinar.

Van Gaal kembali ditunjuk menangani Memphis Depay dkk pada Agustus 2021 lalu. Sejak saat itu, Belanda merangkum total 14 kemenangan dan lima hasil imbang.

Belanda sama sekali belum tersentuh kekalahan di luar tembakan adu penalti. Belanda berhasil mencetak 49 gol dan kebobolan 15 gol selama periode tersebut.

2 dari 3 halaman

Pelatih Tertua di Piala Dunia 2022

Semakin tua seseorang, semakin banyak pula pengalamannya. Van Gaal mungkin berada dalam masa tersebut.

Saat menuntun Belanda lolos ke Piala Dunia 2022, van Gaal dipastikan jadi pelatih tertua di Qatar. Usianya sudah 71 tahun!

Selain karena tiga periode berbeda menangani Belanda, tingkat kematangan van Gaal bisa jadi merupakan faktor lain. Ia paham betul memanajemen tim dengan skuad yang ada.

3 dari 3 halaman

Berharap Dukungan Besar

Meski jadi tim pertama yang lolos ke perempat final Piala Dunia 2022, van Gaal menyimpan satu permintaan. Ia berharap ada dukungan besar dari para pendukung Belanda.

“Akan sangat bagus rasanya kalau seluruh negara mendukung kami. Kami sudah bermain di empat pertandingan dan di empat pertandingan itu pendukung kami di stadion adalah yang minoritas,” ucap dia.

Sumber: FIFA Official, BR Football

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR