BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Zarco: Beda Saya dengan Lorenzo? Saya Tak Peduli Uang

17-02-2020 16:25 | Anindhya Danartikanya

Johann Zarco dan Jorge Lorenzo (c) Shark Helmets Johann Zarco dan Jorge Lorenzo (c) Shark Helmets

Bola.net - Bukan rahasia lagi bahwa Johann Zarco dan Jorge Lorenzo punya satu persamaan yang bikin heboh jagat MotoGP tahun lalu, yakni sama-sama mengakhiri kontrak mereka setahun lebih awal dengan tim masing-masing, yakni Red Bull KTM Factory Racing dan Repsol Honda.

Zarco sendiri hengkang dari KTM ketika musim masih menyisakan enam seri karena merasa tak cocok dengan RC16, sementara Lorenzo memutuskan pensiun pada akhir musim karena selain tak cocok dengan RC213V, juga dirundung cedera punggung yang berkepanjangan.

Kini, Zarco membela Reale Avintia Racing dan Ducati, dan Lorenzo kembali ke Yamaha sebagai test rider. Meski jadi test rider, Lorenzo santer dikabarkan bakal turun balapan sebagai rider wildcard tahun ini, dan bahkan diisukan bisa kembali balapan secara penuh tahun depan.

1 dari 2 halaman

Akui Ragukan Niat Lorenzo Pensiun

Kabar ini pun memunculkan spekulasi lain, bahwa Lorenzo menjadikan cedera punggungnya sebagai alasan untuk hengkang dari Repsol Honda demi kembali ke Yamaha, yakni pabrikan yang mengantarnya merebut gelar dunia MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015.

Zarco mengaku juga meragukan niat Lorenzo untuk pensiun. Juara dunia Moto2 2015 dan 2016 ini bahkan yakin Lorenzo sengaja mengumumkan pensiun tepat di seri terakhir tahun lalu, yakni di Valencia, hanya demi mempertahankan gaji dari tahun pertamanya di Honda.

"Entah apa Jorge memang jujur kepada Honda. Tapi saya rasa ia lebih takut kehilangan uang ketimbang saya. Saya rasa itu alasan dia menunggu begitu lama sebelum mengumumkan pensiun. Tapi saya tak punya jalan pikiran yang sama dengannya," ujar Zarco kepada Marca.

2 dari 2 halaman

Sebut Lorenzo Tak Bayar Pajak

Zarco sendiri kabarnya dibayar 1,5 juta euro di KTM, tapi menolak tergiur gaji tinggi jika tak bisa tampil kompetitif di atas RC16. Atas alasan inilah ia begitu legawa hengkang lebih awal dari pabrikan Austria itu. Menurutnya, inilah perbedaan terbesarnya dengan Lorenzo.

"Saya lebih tak peduli uang jika dibanding Jorge. Saya sendiri harus pinjam uang untuk rumah saya, sementara ia tinggal di negara di mana ia tak bayar pajak, atau mungkin bayar tapi sedikit," ujar Zarco, merujuk pada Lorenzo yang asal Spanyol namun tinggal di Lugano, Swiss.

"Saya sendiri tinggal di Prancis, bayar pajak, dan punya utang. Saya punya lebih banyak alasan untuk lanjut (dengan KTM) demi uang, tapi saya memilih tidak," pungkas rider asal Prancis berusia 29 tahun ini.

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland