Yamaha WorldSBK Rela Toprak Razgatlioglu ke MotoGP: Punya Mentalitas Pemenang

Anindhya Danartikanya | 20 Mei 2022, 15:04
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Road Racing Manager Yamaha Motor Europe (YME), Andrea Dosoli, mulai merelakan Toprak Razgatlioglu untuk pindah dari WorldSBK ke MotoGP. Dalam wawancaranya dengan GPOne, Kamis (19/5/2022), Dosoli menyatakan pihaknya akan memberikan dukungan penuh bagi 'El Turco' dalam menjalani tes MotoGP pada Juni nanti.


Sejak 2020, Yamaha Motor Racing (YMR) ingin Razgatlioglu itu pindah dari WorldSBK ke MotoGP. Ia juga bahkan hampir menjadi pengganti Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT (kini WithU Yamaha RNF) tahun ini. Namun, ia justru memperpanjang kontrak dengan YME untuk bertahan di WorldSBK sampai 2023.

Meski begitu, YMR masih bertekad mengubah kontrak Razgatlioglu dengan YME. YMR bahkan sempat bertekad melibatkan rider Turki dalam tes pascamusim MotoGP Valencia pada November 2021. Sayang, Razgatlioglu batal ikut karena jadwalnya bersinggungan dengan WorldSBK Mandalika, di mana ia mengunci gelar.

1 dari 2 halaman

Sinergi Kuat antara Yamaha MotoGP dan WorldSBK

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Jadwal tes kemudian dipindahkan pada Juni mendatang, dan Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol, diperkirakan akan jadi tempatnya. Razgatlioglu juga nantinya didampingi oleh test rider Yamaha MotoGP, Cal Crutchlow, yang juga lulusan WorldSBK. Dosoli pun yakin tes ini bakal krusial bagi karier dan masa depan Razgatlioglu.

"Selalu ada sinergi yang kuat antara MotoGP dan WorldSBK. Tes itu akan membantu Toprak memahami makna MotoGP dan membantunya mengambil keputusan yang tepat soal masa depannya. Ia rider yang tahu apa yang ia inginkan. Ia punya mentalitas pemenang dan saya rasa ini sudah jelas bagi semua orang," tuturnya.

"Saya kenal paddock MotoGP dengan baik. Kalau Toprak memutuskan pindah ke MotoGP, itu berarti ia sangat percaya pada proyeknya dan sadar akan kualitasnya. Saya yakin ia akan mengambil pilihan yang tepat dan kami ada di sini untuk membantunya sekaligus menyediakan proposal terbaik," lanjut pria asal Italia ini.

2 dari 2 halaman

Kalau Pindah, Bakal Digantikan Rider Muda

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Meski begitu, Dosoli tak mau memberikan tenggat waktu kepada Razgatlioglu soal kapan ia harus mengambil keputusan. Ia ingin rider berusia 25 tahun itu tetap fokus pada misinya mempertahankan gelar dunia musim ini. Kalaupun Razgatlioglu jadi pindah ke MotoGP, Yamaha takkan pusing-pusing cari pengganti.

"Kami akan membicarakan masa depan nanti-nanti saja. Ini belum waktunya. Prioritas saya adalah memikirkan musim 2022 dan memperebutkan gelar dunia. Inilah yang terpenting. Tapi jika Toprak memilih pergi, kami akan fokus pada salah satu pembalap Yamaha lainnya. Pilihan internal akan dilakukan pada rider-rider muda," ujar Dosoli.

Kepada WorldSBK.com, Razgatlioglu juga mengaku ingin fokus pada kompetisi musim ini. "Saat ini kami fokus pada balapan. Kami akan menjalani tes Yamaha MotoGP. Bagi saya ini bakal sangat penting. Pasalnya, saya bakal memahami apakah saya akan suka motornya atau tidak, karena motor itu sangat berbeda dari superbike," tutupnya.

Sumber: GPOne, WorldSBK

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR