BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Yamaha WorldSBK Beri Lampu Hijau Jika Toprak Razgatlioglu Ingin Jajal MotoGP

28-09-2021 12:10 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Bola.net - Road Racing Manager Yamaha Motor Europe (YME), Andrea Dosoli, mengaku belum bisa mengonfirmasi adanya rencana uji coba MotoGP untuk Toprak Razgatlioglu. Meski begitu, ia menyatakan bakal memberikan lampu hijau jika kesempatan itu memang mendatangi rider Pata Yamaha WorldSBK tersebut.

Kabar bahwa Razgatlioglu akan menjalani uji coba MotoGP menggemparkan paddock MotoGP dan WorldSBK baru-baru ini. Pasalnya, pengakuan Razgatlioglu soal rencana tersebut tayang dalam vlog kawan baik sekaligus rival tersengitnya, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team), di YouTube pada Rabu (22/9/2021).

Dalam vlog Rea itu, Razgatlioglu mengaku akan dapat kans uji coba MotoGP dengan Yamaha tahun ini. Namun, ia juga mengaku hanya  akan melakukannya demi melihat apakah dirinya 'suka atau tidak' pada motor MotoGP. Rea sendiri terlihat kaget atas komentar El Turco, namun meyakinkan bahwa ia pasti akan suka.

1 dari 2 halaman

Akan Siapkan Rider Pengganti

Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea (c) Yamaha Racing
Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea (c) Yamaha Racing

"Jadi, kau akan menjalani uji coba (MotoGP)?" tanya Rea, seperti yang dikutip dari vlog-nya.

"Ya, tahun ini," jawab Razgatlioglu. "Ini bagus. Mengapa? Karena aku ingin cek, mungkin saja aku takkan menyukainya."

"Tidak! Tak mungkin! Sialan, kau pasti akan menyukainya!" tutur Rea, yang pernah membela Repsol Honda di MotoGP Aragon dan Misano 2012.

Lewat Motorsport Total, Jumat (24/9/2021), Dosoli pun mengaku akan mengizinkan Razgatlioglu menjalani uji coba MotoGP jika kans itu datang. Ia bahkan yakin kans ini bagus, karena dengan begitu, Razgatlioglu bisa  lebih siap ketika dipanggil sebagai pengganti rider yang cedera di MotoGP.

"Jika memang ada cara untuk mendapatkan impresi dari mesin MotoGP, maka kami akan melakukannya. Dengan begitu, kami bisa bersiap lebih baik jika pembalap pengganti memang dibutuhkan (di MotoGP) pada masa depan," ungkap pria asal Italia tersebut.

2 dari 2 halaman

Yamaha WorldSBK dan Yamaha MotoGP Punya Hubungan Erat

"Kami punya koneksi yang dekat dengan proyek MotoGP. Ketika seorang rider pengganti dibutuhkan di MotoGP, kami selalu menawarkan rider kami. Kami memberi mereka kans untuk menemukan kesempatan baru. Saat ini, belum ada yang terkonfirmasi. Namun kami tentu ingin mempererat kerja sama pada masa depan," tutur Dosoli.

Razgatlioglu secara kontroversial menolak tawaran Yamaha Motor Racing (YMR) untuk membela tim satelit mereka di MotoGP 2022. Ia malah memperpanjang kontrak berdurasi dua tahun dengan YME untuk berlaga di WorldSBK sampai 2023. Namun, rider 24 tahun itu bisa pindah ke MotoGP dalam waktu dekat, terutama jika sukses menjuarai WorldSBK musim ini.

Uniknya, Dosoli juga yakin Razgatlioglu takkan butuh waktu lama adaptasi jika benar-benar pindah ke MotoGP. "Seorang rider bertalenta pasti bisa beradaptasi pada tipe mesin apa pun. Seorang rider bertalenta pasti tahu cara mengeluarkan potensi terbesar motornya, tak peduli apa kategorinya," pungkasnya.

Sumber: Motorsport Total

KOMENTAR