Yamaha VR46 Master Camp Ke-11: Wakil Indonesia Jadi yang Termuda, Anak Norick Abe Juga Ikut

Anindhya Danartikanya | 8 Juni 2022, 09:30
Aldi Satya Mahendra saat mengikuti program Yamaha VR46 Master Camp edisi ke-11. (c) Yamaha MotoGP
Aldi Satya Mahendra saat mengikuti program Yamaha VR46 Master Camp edisi ke-11. (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Diinisiasi pada 2016 lalu, program Yamaha VR46 Master Camp tak terasa sudah memasuki edisi ke-11. Dalam edisi kali ini, terdapat lima pembalap muda Yamaha asal Asia yang diundang ke Tavullia, Italia, yakni kota kesayangan Valentino Rossi, untuk mengikuti pelatihan pada 7-11 Juni 2022.


Yamaha VR46 Master Camp merupakan program pelatihan bagi para rider muda Yamaha dari berbagai negara, baik dari benua Eropa, Asia, maupun Australia. Salah satu rider Indonesia yang pernah mengikuti program ini adalah mantan pembalap WorldSSP300 dan WorldSSP, Galang Hendra Pratama.

Dalam Master Camp, para pembalap muda ini dapat kesempatan menimba ilmu dari program VR46 Riders Academy, yakni akademi balap milik Valentino Rossi, yang dibentuk pada 2013 serta telah melahirkan para juara dunia dan rider MotoGP seperti Pecco Bagnaia dan Franco Morbidelli.

1 dari 2 halaman

Juga Diikuti Putra dari Idola Valentino Rossi

Yamaha VR46 Master Camp edisi ke-11. (c) Yamaha MotoGPYamaha VR46 Master Camp edisi ke-11. (c) Yamaha MotoGP

Kerja sama ini bahkan berlanjut dengan pembentukan tim junior Yamaha, yakni Yamaha VR46 Master Camp Team di Moto2. Saat ini, skuad tersebut ditempati oleh Manuel Gonzalez dan juga Keminth Kubo, rider Thailand yang merupakan lulusan program Master Camp.

Lima rider yang tergabung dalam edisi ke-11 Master Camp kali ini di antaranya dua rider Thailand, yakni Passkon Sanluang (19 tahun) dan Worapot Thongdanmau (18); rider Malaysia, MD Aliff Danial Bin Muhammad Asri (18); rider Jepang, Maiki Abe (18), serta rider Indonesia, Aldi Satya Mahendra (15).

Aldi pun tercatat sebagai pembalap termuda dalam edisi Master Camp kali ini. Uniknya, ia juga akan menjalani program ini dengan Maiki Abe, yang merupakan putra dari mendiang eks rider MotoGP, Norifumi 'Norick' Abe. Sebagai catatan, Abe merupakan salah satu rider idola Rossi saat masih belia.

2 dari 2 halaman

Jalani Banyak Program Latihan

Aldi Satya Mahendra saat mengikuti program Yamaha VR46 Master Camp edisi ke-11. (c) Yamaha MotoGP

Aldi Satya Mahendra saat mengikuti program Yamaha VR46 Master Camp edisi ke-11. (c) Yamaha MotoGP

Aldi dan empat pembalap lainnya dinyatakan sudah lolos cek fisik pada Selasa (7/6/2022). Ini berarti mereka telah diperbolehkan untuk mengikuti program pelatihan Master Camp. Mereka pun akan mendapatkan masukan dan bantuan dari banyak pihak yang terlibat dalam VR46 Riders Academy.

Mereka di antaranya adalah para pengamat dan pelatih balap VR46, para anggota VR46 Riders Academy sendiri, serta juara MotoGP eSport 2022, Lorenzo Daretti. Program yang digelar di antaranya MiniGP, road race, MotoGP eSport, serta flat track dan soft cross di Motor Ranch.

Latihan flat track di Motor Ranch sendiri sudah digelar pada Selasa, setelah para peserta melakukan latihan fisik di gym dan mendapatkan pengarahan di markas VR46.

Sumber: Yamaha Motor Racing

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR