'Yamaha Telah Sia-siakan Kesempatan Selama Marc Marquez Absen'

Anindhya Danartikanya | 7 September 2020, 14:45
Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Franco Morbidelli (c) SRT/Yamaha
Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Franco Morbidelli (c) SRT/Yamaha

Bola.net - Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, meyakini bahwa pabrikan Garpu Tala telah menyia-nyiakan kesempatan sengit memperebutkan gelar dunia MotoGP 2020, selagi sang juara dunia bertahan, Marc Marquez, sedang absen akibat cedera patah tulang lengan.

Usai Marquez mengalami kecelakaan di MotoGP Spanyol, Yamaha telah meraih dua kemenangan lewat Fabio Quartararo, ditambah empat podium tambahan: dua dari Maverick Vinales, satu dari Valentino Rossi, dan satu dari Franco Morbidelli. Namun, performa mereka naik-turun dalam lima seri perdana.

Usai menunjukkan performa yang kuat dalam dua balapan di Jerez, Yamaha terpuruk di Ceko dan hanya diwakili Morbidelli di podium. Dalam balapan Austria dan Styria, Yamaha keok, tak punya satu pun wakil di podium, dan bahkan mengalami berbagai masalah teknis.

1 dari 3 halaman

Tak Pandai Manfaatkan Situasi

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Di Ceko, para rider Yamaha mengalami masalah grip, dan di Austria, Vinales diketahui mengalami masalah kopling dan Quartararo mengalami masalah rem. Dalam balapan di Styria, lagi-lagi mereka mengalami hal serupa. Rossi meraih hasil paling stabil, namun juga tak cukup kuat untuk memperebutkan podium.

"Bisa kita bilang bahwa, atas alasan tertentu, kami semua menyia-nyiakan absennya Marc. Jelas beberapa orang senang dan ada beberapa yang tidak. Tapi kami memang seharusnya memanfaatkan kesempatan dari ketiadaan rider yang tak ikut berlaga," ujar Meregalli via DAZN, seperti yang dikutip Corsedimoto, Sabtu (5/9/2020).

"Dalam olahraga ini, memang mudah membuat rencana, tapi kemudian banyak faktor menentukan hasil akhirnya. Saya rasa sulit untuk dinilai. Ini adalah kombinasi dari situasi-situasi yang, sayangnya, tak bisa kami manfaatkan seperti yang kami mau," lanjut pria asal Italia ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Rider Nomor Satu

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Yamaha juga diketahui mengalami masalah ketahanan mesin. Dalam lima seri perdana, seluruh rider Yamaha telah memakai kelima mesin mereka, dan hanya Quartararo yang tak mengalami kerusakan mesin. Uniknya, ia masih memimpin klasemen pembalap.

"Tak ada rider nomor satu di Yamaha, dan sudah jelas saya bicara untuk mewakili Monster Energy Yamaha, dan bakal menyenangkan jika kedua rider kami bisa menang. Tapi jika kami tak bisa melakukannya, yang penting adalah rider Yamaha yang menang," pungkas Meregalli.

Para rider Yamaha akan kembali bertemu di lintasan dalam MotoGP San Marino, yang akan digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada 11-13 September mendatang.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR