BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

'Yamaha Tak Perlu Cemas Rossi-Morbidelli Bakal Seperti Rossi-Lorenzo'

04-11-2020 14:50 | Anindhya Danartikanya

Franco Morbidelli dan Valentino Rossi (c) SRT/Yamaha
Franco Morbidelli dan Valentino Rossi (c) SRT/Yamaha

Bola.net - Crew chief Franco Morbidelli, Ramon Forcada, sangat yakin bahwa atmosfer Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021 akan jauh lebih harmonis ketimbang tim pabrikan Yamaha pada 2008-2010 dan 2013-2016, yakni saat Valentino Rossi bertandem dengan Jorge Lorenzo. Hal ini dikatakan Forcada via Motorsport.com.

Forcada, yang juga crew chief Lorenzo kala itu, juga mengaku sempat pusing melihat Por Fuera dan The Doctor terus-terusan cekcok, baik di dalam maupun di luar trek. Tahun depan, Forcada pun akan kembali berbagi garasi dengan Rossi, karena sembilan kali juara dunia itu akan bertandem dengan Morbidelli.

Forcada pun mengaku sedikit lega karena Rossi dan Morbidelli bersahabat, karena mereka adalah mentor dan anak didik. Pria Spanyol ini pun yakin, meski keduanya akan bertarung sangat sengit di lintasan, tim tak perlu pusing memikirkan kemungkinan mereka bakal bertengkar ketika di luar trek.

1 dari 3 halaman

Takkan Seperti Rossi-Lorenzo

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

"Saya harap tim kami tetap harmonis, dan memang itulah keinginan tim kami. Ketika tim dibentuk untuk Vale, kami selalu coba untuk mencari sosok netral. Tapi situasinya kini bakal berbeda dari bertahun-tahun lalu di tim pabrikan," ungkap Forcada pada Rabu (28/10/2020).

"Ketegangan biasanya memang tercipta berdasarkan hubungan antara kedua pembalap. Hubungan Franco dan Vale pun sama sekali berbeda dengan hubungan Jorge dan Vale dulu, apalagi pada tahun-tahun pertama mereka bertandem. Inilah yang bikin mereka bersitegang," kisahnya.

Di lain sisi, Forcada sangat menyadari bahwa situasi garasi Petronas Yamaha SRT nanti akan sedikit berbeda ketika Rossi datang, ketimbang saat Morbidelli bertandem dengan Fabio Quartararo musim ini. Apalagi, nanti jika pandemi Covid-19 berakhir dan para penonton boleh masuk ke paddock.

2 dari 3 halaman

Keamanan Garasi Bakal Diperketat

Forcada yakin, status Rossi sebagai ikon MotoGP akan membuat keamanan garasi tim akan lebih diperketat. "Vale adalah rider yang sangat berkarisma. Kita semua tahu ia rider paling populer di antara penggemar, dan dalam dunia balap pada umumnya," tutur pria berusia 63 tahun ini.

"Jika penonton bisa hadir seperti sediakala, tim kami bakal dapat pengamanan lebih. Saya rasa ini saja yang bakal berubah, dan situasinya bakal lebih rumit, tapi takkan lebih buruk. Yang terpenting, tim kami memang berniat menjaga atmosfer yang baik," pungkas Forcada.

Morbidelli dan pembalap lain akan kembali berjumpa dalam MotoGP Eropa yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 6-8 November nanti. Rossi sendiri masih harus menunggu hasil tes PCR terkini, jika ia dinyatakan negatif Covid-19, ia bisa ikut turun lintasan.

Sumber: Motorsportcom

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR