BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Yamaha Siapkan Kontrak Pabrikan untuk Andrea Dovizioso di MotoGP 2022

01-09-2021 15:48 | Anindhya Danartikanya

Andrea Dovizioso (c) Ducati
Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Yamaha Motor Racing (YMR) bertekad memberikan kontrak pabrikan kepada Andrea Dovizioso di MotoGP 2022, alih-alih membiarkannya sekadar terkontrak dengan Sepang Racing Team (SRT) yang musim depan akan berganti entitas dan kepemilikan tim. Demikian yang dilansir oleh Corsedimoto, Selasa (31/8/2021).

Dovizioso, yang tahun ini menjadi test rider Aprilia terhitung sampai 1 September, memang diminta membela Petronas Yamaha SRT sampai akhir musim ini, sejak Seri San Marino di Misano pada 17-19 September. Pasalnya, Franco Morbidelli akan dipindahkan ke Monster Energy Yamaha sebagai pengganti Maverick Vinales.

Tak hanya itu, Dovizioso juga tengah bernegosiasi dengan Yamaha dan SRT untuk jadi pengganti Morbidelli secara permanen di sepanjang 2022. Sosoknya dinilai cocok untuk WithU, kandidat terkuat sponsor baru SRT musim depan, dan juga cocok untuk jadi mentor Darryn Binder yang dikabarkan akan jadi tandemnya.

1 dari 2 halaman

Semua Akan Dibereskan oleh Yamaha

Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing
Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing

Lewat MotoGP.com, Managing Director YMR, Lin Jarvis, menegaskan bahwa Dovizioso belum menandatangani kontrak apa pun. Namun, ia mengakui bahwa mendatangkan tiga kali runner up MotoGP tersebut ke SRT adalah rencana serius.

"Saya tegaskan ini bukan pengumuman resmi, karena pengumuman hanya akan dirilis saat kontrak sudah ditandatangani. Namun, kami sudah dapat kesepakatan verbal dengan Dovi. Jadi, Dovi akan bergabung dengan di Petronas SRT mulai Misano, dan akan membela tim itu pada 2022," tutur Jarvis.

Tadinya, Dovizioso diperkirakan hanya akan terikat kontrak dengan SRT, dengan WithU bersedia menyiapkan dana besar demi menyediakan YZR-M1 spek pabrikan untuk rider berusia 35 tahun itu. Namun, kabar terbaru justru menyatakan bahwa hal-hal ini akan dibereskan oleh YMR sendiri.

2 dari 2 halaman

Digandengkan dengan Ramon Forcada

Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Yamaha dikabarkan sepakat memberikan kontrak pabrikan kepada Dovizioso, yang artinya rider Italia itu akan mendapatkan gaji langsung dari Yamaha, alih-alih SRT. Pabrikan asal Jepang ini juga dirumorkan bakal menyediakan gaji sebesar 2 juta euro per musim.

Dovizioso rencananya ditandemkan dengan Binder, yang saat ini masih turun di Moto3 bersama Petronas Sprinta Racing. Jika hal ini terwujud, maka Binder akan mengikuti jejak Jack Miller, yang melompat langsung dari Moto3 ke MotoGP pada 2015 lalu bersama Honda.

Dovizioso juga akan digandengkan dengan Ramon Forcada, yang selama tiga tahun terakhir menjadi crew chief Morbidelli, dan pernah merebut tiga gelar dunia bersama Jorge Lorenzo. Morbidelli sendiri akan didampingi Silvano Galbusera, yang pernah jadi crew chief Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Sumber: Corsedimoto, MotoGP

KOMENTAR