Yamaha RNF: Darryn Binder Bisa Sajikan Keajaiban di MotoGP 2022

Anindhya Danartikanya | 23 Januari 2022, 16:20
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) MotoGP.com
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) MotoGP.com

Bola.net - Team Principal WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Razlan Razali, meyakini bahwa Darryn Binder bisa jadi menyajikan keajaiban di MotoGP 2022. Hal ini ia nyatakan kepada Crash.net, Sabtu (22/1/2022), usai melihat taktik berkendara dan strategi balap Binder bersama Petronas Sprinta Racing di Moto3 sepanjang 2021.


Seperti halnya Jack Miller pada 2015, Binder memang jadi debutan kontroversial musim ini. Pasalnya, ia langsung lompat dari Moto3 ke MotoGP. Namun, berbeda dari Miller yang kala itu merupakan runner up Moto3 2014 dan hanya kalah dua poin dari Alex Marquez, Binder belum konsisten meraih podium dan kemenangan di Moto3.

Meski begitu, Razlan mengaku timnya telah melihat potensi besar dari 'Daz'. Pembalap asal Afrika Selatan itu ia nilai memiliki beberapa kekuatan: sosok yang baik hingga mempermudah kerja samanya dengan tim, dan sangat disiplin. Selain itu, tubuh Binder yang tinggi besar juga dirasa cocok dengan mesin-mesin yang besar pula.

1 dari 2 halaman

Terkesan Cara Balapan Darryn Binder di Moto3

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) Yamaha Motor Racing

"Yang kami lihat pada Darryn sepanjang tahun bersama kami adalah ia berperilaku baik, sangat disiplin, dan dia anak yang baik. Oke, jadi orang baik saja takkan bikin Anda menang! Tapi dengan fisiknya, ia terlalu besar untuk Moto3, dan motor Moto3 milik Honda punya ketertinggalan tenaga dari KTM. Itu sudah jelas," ujar Razlan.

"Namun, caranya bertarung di tiap balapan: dalam 1-2 lap ia bisa menyusul ke depan. Ia bisa menyalip di jalur dalam dan luar. Sayang, ia menabrak Dennis Foggia (di Portimao). Tapi melihat tahun lalu, kami pikir jika memberinya kans di atas motor seperti Yamaha, ia bisa melakukan hal-hal ajaib. Itulah potensi yang kami lihat darinya," lanjutnya.

Razlan tak memungkiri timnya yang punya ide membawa Binder ke MotoGP, tapi menegaskan Yamaha juga punya andil dalam ambil keputusan. Langkah ini ditempuh karena Yamaha ingin mempertahankan sekaligus memperkuat RNF sebagai tim junior mereka. Apalagi, Ducati dan KTM saat ini sedang menggenjot program rider muda.

2 dari 2 halaman

Terikat Kontrak Langsung dengan Yamaha

Duet WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder dan Andrea Dovizioso. (c) Facebook/RNF Racing

Seperti yang diketahui, duet Monster Energy Yamaha pada 2022 adalah Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, yang merupakan alumnus Petronas Yamaha SRT. Kedudukan RNF kini pun jauh lebih baik lagi di mata Yamaha. Pasalnya, Andrea Dovizioso dan Binder sama-sama terikat kontrak dengan Yamaha, sementara pada 2019-2021, Morbidelli hanya terikat kontrak dengan SRT.

"Kami ingin mempertahankan fakta bahwa kami ini tim pengembangan untuk tim pabrikan. Kami membuktikan dua rider pabrikan mereka datang dari tim satelit. Yamaha pun sepakat dengan arah itu. Pada 2020, kami jadi runner up. Tahun lalu, kami kedua dari bawah. Saya rasa Yamaha tak mau melihat kami jadi kedua dari bawah," tutur Razlan.

"Dukungan yang kami dapat dari Yamaha kini jauh lebih baik. Kedua rider kami sama-sama terikat kontrak dengan pabrikan. Yamaha juga sepakat dengan filosofi kami untuk mengembangkan setidaknya satu rider muda. Jadi, keputusan soal Darryn tak hanya dari kami. Kami memang mendorongnya, namun ini keputusan kolektif dengan para orang Jepang," pungkasnya.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR