Yamaha Pastikan Toprak Razgatlioglu Batal ke MotoGP, Tes Tetap Digelar

Anindhya Danartikanya | 31 Mei 2022, 10:59
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, resmi menyatakan bahwa juara dunia WorldSBK 2021, Toprak Razgatlioglu, batal pindah ke MotoGP 2023. Hal ini menyusul pengumuman mengejutkan dari WithU Yamaha RNF MotoGP Team yang memilih hengkang ke Aprilia tahun depan.

RNF merilis pengumuman tersebut di Mugello, Italia, pada Jumat (27/5/2022), ketika para bosnya menjalani rapat dengan Jarvis. Jarvis sendiri mengaku kaget atas keputusan skuad asal Malaysia tersebut, karena ia sangat berharap RNF mau bertahan, apalagi negosiasi sejak awal musim tergolong cukup lancar.

Salah satu alasan Jarvis ingin mempertahankan RNF adalah fakta ia ingin memboyong Razgatlioglu ke MotoGP. Namun, dengan kepindahan RNF ke Aprilia, Yamaha dipastikan hanya akan menurunkan Monster Energy Yamaha. Alhasil, tak ada tempat bagi Razgatlioglu meski Fabio Quartararo belum tanda tangan kontrak baru.

1 dari 2 halaman

Tes MotoGP Juga Berstatus Hadiah

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Meski begitu, Jarvis menegaskan pihaknya akan tetap menggelar tes tertutup MotoGP untuk Razgatlioglu pada Juni, diperkirakan di Aragon, Spanyol. Ia menyatakan tes ini tetap digelar karena juga merupakan hadiah bagi El Turco yang tahun lalu menjuarai WorldSBK dan sepakat tetap membela pabrikan Garpu Tala sampai 2023.

"Maksud dari digelarnya tes ini juga bentuk ketertarikan Toprak menjajal motor MotoGP. Selain itu, ini juga sedikit hadiah dari Yamaha atas gelar dunia yang ia raih tahun lalu dan kelanjutan komitmennya dengan Yamaha untuk masa depan. Jadi, saya rasa target terbesarnya dalam tes itu tetap sama," ujar Jarvis via WorldSBK.com.

"Toprak harus rileks dan menikmati pengalaman mengendarai motor MotoGP, merasakan sensasinya andai ia memutuskan untuk pindah suatu saat nanti. Namun, jelas kabar bahwa kami takkan punya tim satelit berarti kami tak punya tempat, karena kami hanya akan punya dua motor untuk tim pabrikan," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Bisa Lebih Fokus dengan 2 Rider di MotoGP

Toprak Razgatlioglu dan Lin Jarvis (c) Yamaha MotoGP

Toprak Razgatlioglu dan Lin Jarvis (c) Yamaha MotoGP

Jarvis juga menyatakan alasan Yamaha tak menurunkan tim satelit di MotoGP 2023 adalah fakta bahwa enam tim satelit yang ada masih terikat kontrak dengan pabrikan lain. Skuad Valentino Rossi, Mooney VR46 Racing Team, sempat dikabarkan akan bergabung, namun mereka masih memiliki kontrak dengan Ducati sampai akhir 2023.

Meski begitu, Jarvis yakin, menurunkan dua rider saja musim depan takkan menyurutkan performa Yamaha. "Kami akan punya dua motor tahun depan. Kami selalu punya tim satelit, tapi realitanya adalah semua tim di MotoGP masih memiliki kontrak dengan setiap pabrikan yang ada," tuturnya lewat MotoGP.com.

"Jadi, saat ini tak ada alternatif. Namun, oke-oke saja bagi kami untuk fokus pada tim pabrikan dan mengembangkan motor kami dengan cara terbaik demi memperebutkan gelar. Semuanya baik-baik saja dan kami percaya bisa melakukannya dengan dua rider," pungkas pria asal Inggris ini.

Sumber: WorldSBK, MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR