BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Yamaha Ogah Tambah Dukungan untuk Quartararo di MotoGP 2020

04-07-2019 13:15 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis menyatakan pihaknya tak punya rencana untuk menambah dukungan teknis kepada Fabio Quartararo di MotoGP 2020, meski rider Petronas Yamaha SRT ini sukses mencuri banyak perhatian musim ini.

Quartararo memang menjadi debutan sensasional tahun ini. Dengan 8 seri berlalu, ia sukses meraih tiga pole dan dua podium. Tak hanya itu, ia tengah duduk di peringkat 6 pada klasemen pebalap dengan 67 poin dan menjadi debutan terbaik saat ini.

Uniknya, meski kerap mengasapi 3 rider Yamaha lainnya, ia justru mengendarai motor YZR-M1 dengan spek paling rendah. Walau disokong mesin baru, M1 milik El Diablo punya RPM lebih rendah, dan dilengkapi suspensi dan perangkat aerodinamika versi lama.

"Motor Fabio sangat mirip dengan milik tim pabrikan. Jika motor kami tak bagus, ia tak mungkin meraih hasil-hasil baik ini. Jelas kami sangat senang atas hasil Fabio. Motornya punya spesifikasi berbeda, namun intinya tetap sama," ujar Jarvis kepada Marca.

1 dari 1 halaman

Anggap Motor Quartararo Sudah Baik

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Anehnya, Jarvis mengaku bahwa Quartararo akan tetap membela Yamaha tahun depan di atas motor M1 dengan spek yang tetap lebih rendah dari M1 milik Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan tandemnya sendiri, Franco Morbidelli.

Jarvis pun menyatakan, meski memiliki M1 dengan spek paling rendah, rider Prancis berusia 20 tahun tersebut telah mendapat akses untuk memakai beberapa perangkat yang telah dipakai Rossi dan Vinales.

"Fabio telah pakai beberapa perangkat yang sudah dipakai tim pabrikan, karena masuk akal bila ia juga memakainya. Tapi takkan ada perubahan besar pada dukungan kami untuk Fabio, karena paket motornya sudah baik. Kami akan tetap mengerjakan beberapa perangkat untuk rider berbeda," tutup Jarvis.

Menjelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring akhir pekan ini, Quartararo hanya tertinggal 5 poin dari Rossi di peringkat 5, dan unggul 2 poin dari Vinales di peringkat 7. Ia juga unggul 22 poin atas Morbidelli yang duduk di peringkat 12.

KOMENTAR