BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Yamaha: Morbidelli ke Monster, Dovizioso ke Petronas Mulai MotoGP Misano

29-08-2021 18:46 | Anindhya Danartikanya

Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mengonfirmasi Franco Morbidelli akan menggantikan Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha mulai MotoGP Misano, San Marino, 17-19 September. Ia juga menyatakan Andrea Dovizioso akan membela Petronas Yamaha SRT mulai seri yang sama sampai akhir musim.

Hal ini ia nyatakan kepada MotoGP.com di sela Seri Silverstone, Inggris, pada Minggu (29/8/2021), namun menegaskan bahwa ini bukanlah pengumuman resmi. Langkah ini diambil oleh Yamaha dan SRT sebagai efek domino dari perpisahan kontroversial dengan Maverick Vinales efektif sejak 20 Agustus lalu.

Jarvis menegaskan, baik Morbidelli maupun Dovizioso belum menandatangani kontrak apa pun masing-masing dengan Yamaha dan SRT, namun ini merupakan rencana serius dari pihaknya demi memantapkan line up pada sisa musim ini. Tak hanya itu, Jarvis menyatakan bahwa ini juga merupakan rencana Yamaha untuk musim 2022.

1 dari 2 halaman

Akan Dapatkan Alokasi Mesin Vinales

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

"Saat ini, semua kontrak belum ditandatangani. Jadi, yang bisa saya katakan ini hanya rencana, bukan pengumuman resmi. Pada dasarnya, jika punya masalah, Anda harus mengatasinya. Di lain sisi, masalah juga membuka kans baru untuk hal baru lainnya. Dalam kasus ini, masalah yang kami hadapi membuka kans untuk Franky," ujar Jarvis.

Jarvis juga menegaskan bahwa Morbidelli akan mengambil alih alokasi mesin YZR-M1 milik Vinales, dan hal ini sudah sesuai dengan regulasi teknis yang diberlakukan di MotoGP. "Jadi, Franky akan mendahului jadwal asli untuk membela tim pabrikan. Kami juga berencana akan meletakkan Franky di tim pabrikan tahun depan," tuturnya.

"Akibat pemutusan kontrak (Vinales) ini, kami juga akan meng-upgrade (motor) Franky pertengahan musim ini. Ini belum diresmikan, namun kami punya rencana jelas dengannya dan manajemennya untuk melakukannya sekarang juga," lanjut pria asal Inggris ini.

2 dari 2 halaman

Dovizioso Juga Bela SRT di MotoGP 2022

Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing
Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing

Jarvis juga menyatakan bahwa Dovizioso akan menjadi pengganti Morbidelli di SRT mulai Misano. Kontrak belum ditandatangani, namun manajer pribadi rider Italia tersebut, Simone Battistella, saat ini berada di Silverstone dan sudah menerima kesepakatan verbal dengan Yamaha dan para petinggi SRT untuk balapan di sisa musim ini dan 2022.

"Soal Dovi, sekali lagi saya tegaskan ini bukan pengumuman resmi, karena pengumuman hanya akan kami rilis saat kontrak sudah ditandatangani. Namun, kami sudah dapat kesepakatan verbal dengan Dovi dan manajemennya. Jadi, Dovi akan segera bergabung dengan di Petronas SRT mulai Misano dan 2022 untuk tim itu juga,"

Dalam MotoGP Inggris, Morbidelli digantikan oleh rider Petronas Sprinta Racing Moto2, Jake Dixon. Namun, dalam MotoGP Aragon pada 10-12 September mendatang, Morbidelli kabarnya akan digantikan oleh tandem Dixon yang berasal dari Spanyol, Xavi Vierge.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR