BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Yamaha: Morbidelli Bisa Bantu Kebut Perbaikan YZR-M1

20-03-2019 15:05 | Anindhya Danartikanya

Franco Morbidelli (c) SRT
Franco Morbidelli (c) SRT

Bola.net - Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli menyatakan kehadiran Franco Morbidelli di pabrikan Garpu Tala lewat Petronas Yamaha SRT, akan ikut mempercepat pengembangan sekaligus perbaikan performa motor YZR-M1, yang cukup jeblok selama dua tahun belakangan.

Morbidelli yang merupakan juara dunia Moto2 2017, sudah punya pengalaman setahun di MotoGP, yakni usai membela EG 0,0 Marc VDS Honda musim lalu. Masih berusia 24 tahun, ia juga merupakan salah satu murid andalah Valentino Rossi di VR46 Riders Academy.

Talenta rider Italia berdarah Brasil itu pun kini digabungkan dengan pengalaman Ramon Forcada, kepala mekanik kawakan yang pernah merebut tiga gelar dunia MotoGP bersama Jorge Lorenzo dan mendampingi Maverick Vinales pada 2017-2018.

1 dari 2 halaman

Keuntungan Punya Morbidelli-Forcada

Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) SRT
Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) SRT

Kepada Crash.net, Meregalli menyebut pengalaman Forcada sangat bermanfaat bila digabung dengan pengalaman Silvano Galbusera, kepala mekanik Valentino Rossi, dan Esteban Garcia, kepala mekanik Vinales saat ini.

"Jelas kehadiran Franco menguntungkan, karena ia didampingi Ramon, salah satu insinyur paling berpengalaman di paddock. Dengan Ramon, Silvano, dan Esteban, motor kami bisa berkembang. Ini telah berlangsung sejak lama, namun motor Tech 3 dan tim pabrikan tidaklah sama," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Motor yang Sama

Morbidelli bahkan diberi kesempatan untuk mengendarai YZR-M1 spek pabrikan, persis seperti milik Rossi dan Vinales musim ini. Sang tandem, Fabio Quartararo juga mendapatkan mesin yang sama, meski tak disertai beberapa konfigurasi yang dimiliki motor-motor pabrikan.

"Kini Franco punya motor yang sama persis dengan milik kami. Begitu juga Fabio, yang motornya tak terlalu berbeda. Ini sangat penting, karena kami bisa melakukan perbandingan yang layak di antara semua motor di trek yang sama. Kami juga bisa berbagi tugas, seperti saat uji coba. Ini sangat fundamental jika Anda ingin mempercepat peningkatan performa," tutup Meregalli.

Keempat rider Yamaha akan kembali bertemu rival-rival mereka di lintasan dalam MotoGP Argentina yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 29-31 Maret mendatang.

KOMENTAR