Yamaha Minta Jorge Lorenzo Jadi Test Rider di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 19 Desember 2019, 11:00
Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) HRC
Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo (c) HRC

Bola.net - Yamaha dikabarkan telah meminta Jorge Lorenzo untuk menjadi test rider mereka di MotoGP mulai 2020, demikian yang dilansir Motorsport.com. Yamaha menawarkan kesempatan ini kepada Lorenzo usai sang lima kali juara dunia itu memutuskan pensiun akhir musim ini.

Yamaha merupakan tim pertama Lorenzo di MotoGP, yakni saat ia menjalani debut di kelas tertinggi pada 2018. Ia membela pabrikan Garpu Tala selama sembilan musim, meraih tiga gelar dunia, 44 kemenangan, 107 podium, dan 40 pole, sebelum pindah ke Ducati pada 2017.

Usai dua musim membela Ducati, ia pindah ke Repsol Honda pada awal 2019, namun ia kesulitan menjinakkan RC213V dan kerap dirundung cedera. Keretakan tulang punggungnya akibat kecelakaan hebat di Assen juga tak kunjung pulih, hingga ia memutuskan pensiun.

1 dari 2 halaman

Program Tim Uji Coba Eropa Terkatung-katung

Yamaha sendiri tengah mencoba membentuk tim uji coba Eropa mereka untuk fokus mengembangkan YZR-M1, mengingat mereka satu-satunya pabrikan MotoGP yang tak punya program tersebut. Selama ini, Yamaha memfokuskan pengembangan M1 di Iwata, Jepang.

Mereka sempat menggaet Jonas Folger pada tengah 2018, tapi ia hanya mengalami dua kali uji coba, dan belakangan kesepakatan untuk melanjutkan kerja sama gagal diraih. Kini, pengembangan M1 kembali difokuskan ke Jepang lewat test rider Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane.

Di lain sisi, Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mengaku pihaknya sama sekali tak menutup peluang untuk menggaet test rider asal Eropa dalam waktu dekat, usai gagal mendapatkan Johann Zarco, yang musim depan akan turun bersama Reale Avintia Racing-Ducati.

2 dari 2 halaman

Akan Umumkan Masa Depan dalam Waktu Dekat

Lorenzo sendiri belakangan mengaku lewat Servus TV bahwa ia akan kembali ke paddock MotoGP pada 2020, namun belum mau membeberkan proyek apa yang akan ia jalani. Pria 32 tahun ini mengaku manajemennya tengah menggodok rencana dan akan segera mengumumkannya.

"Jelas saya akan kembali ke paddock, tapi entah apa peran saya nanti. Kami tengah mengusahakannya, mungkin saya baru bisa membicarakannya dalam waktu dekat. Saya bahagia soal apa yang bisa saya lakukan, apa yang saya cintai, dan di mana saya bisa meraih sukses," ujarnya.

"Tapi saat Anda mendapat peluang untuk hidup lebih bebas dan tenang, seperti yang saya lakukan sekarang, maka secara alami Anda mengambil keuntungan dari ini dan menikmati fakta bahwa Anda tak punya beban, serta melihat bagaimana jalannya hidup," pungkas Lorenzo.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR