'Yamaha Lebih Baik Tandemkan Vinales-Quartararo, Lupakan Rossi'

Anindhya Danartikanya | 30 Desember 2019, 10:20
Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Valentino Rossi (c) Yamaha
Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Legenda MotoGP, Giacomo Agostini, menyarankan Yamaha untuk menandemkan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo di Monster Energy Yamaha pada 2021, dan 'beranjak' dari Valentino Rossi. Hal ini disampaikan 15 kali juara dunia tersebut kepada Marca.


Saat ini, Yamaha memang seolah sedang terlibat cinta segi empat. Sama-sama masih muda dan kompetitif, Quartararo dan Vinales jelas merupakan prospek cerah bagi mereka di masa mendatang, namun keduanya terancam hengkang jika Rossi memutuskan bertahan.

Pada 16 Februari mendatang, Rossi akan berusia 41 tahun, dan kontraknya akan habis pada akhir 2020. Meski begitu, sembilan kali juara dunia tersebut belum mengambil keputusan soal masa depannya, dan Agostini pun mengaku gerah.

1 dari 2 halaman

Takkan Biarkan Vinales-Quartararo Pergi

"Siapa yang bakal saya pilih antara Fabio dan Maverick jika saya jadi Yamaha? Saya bakal ambil keduanya. Mereka butuh rider muda dan cepat. Mereka memang punya Vale, tapi tak ada yang tahu apa yang akan terjadi padanya," tutur pria asal Italia ini.

Vinales, 24 tahun, dan Quartararo, 20 tahun, diyakini Agostini merupakan line up yang dibutuhkan oleh Yamaha, yang belum juga meraih gelar dunia sejak 2015 lewat Jorge Lorenzo.

"Jika saya jadi Yamaha, saya akan ambil risiko dengan menandemkan Maverick dengan Fabio. Saya takkan membiarkan salah satu dari mereka hengkang dan takkan melirik rider lain," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Situasi Rossi Tak Lagi Seperti Dulu

Rossi sendiri belum juga meraih gelar dunia lagi sejak 2009, dan belum menang lagi sejak MotoGP Assen, Belanda, pada 2017 lalu. Agostini pun yakin Yamaha harus mulai meninggalkan era kejayaan The Doctor.

"Memang benar bahwa Vale sudah tak menang lagi sejak lama. Situasinya sudah tak seperti dulu, saat ia menang setiap hari Minggu dan meraih banyak gelar. Dalam hidup, Anda harus 'move on', tak lagi melihat ke belakang," tutupnya.

Para rider MotoGP akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari 2020. Untuk pertama kalinya keempat rider Yamaha akan sama-sama mengendarai YZR-M1 spek pabrikan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR