Yamaha Krisis Tim Satelit di MotoGP, Ini 2 Skuad yang Berpotensi Merapat

Anindhya Danartikanya | 7 Desember 2022, 15:33
Yamaha Krisis Tim Satelit di MotoGP, Ini 2 Skuad yang Berpotensi Merapat
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Sebagai salah satu pabrikan terbesar dan tersukses di MotoGP, Yamaha akan menghadapi situasi yang cukup ironis pada 2023: tak punya tim satelit. Padahal, selama berlaga di kelas tertinggi arena Grand Prix, mereka selalu menurunkan lebih dari satu tim. Mereka pun kini sedang bergerilya mencari tim satelit baru.

Nasib tak menguntungkan ini dialami Yamaha usai RNF Racing, yang bekerja sama dengan mereka sejak 2019 dan telah meraih banyak hasil mentereng, hengkang ke Aprilia. Apesnya lagi, tim-tim independen lain masih terikat kontrak dengan pabrikan masing-masing, sehingga Yamaha tak bisa langsung dapat mitra baru.

Dengan begitu, Yamaha hanya akan menurunkan dua pembalap di MotoGP 2023, yakni lewat Monster Energy Yamaha, yang menaungi Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Alhasil, keduanya harus banting tulang sendiri mengembangkan motor YZR-M1 dan hanya didampingi sang test rider, Cal Crutchlow.

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, pun bertekad pihaknya kembali punya tim satelit dalam waktu dekat, utamanya pada 2024. Ada pun dua tim independen yang bisa bergabung dengan proyek mereka ini. Siapa saja sih mereka? Berikut ulasannya. Simak yuk, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Mooney VR46 Racing Team

Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (c) VR46 Racing Team

Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (c) VR46 Racing Team

Mooney VR46 Racing Team adalah tim balap milik ikon Yamaha, Valentino Rossi. Sejak berencana menurunkan tim di MotoGP, Rossi sudah koar-koar ingin bekerja sama dengan Yamaha. Namun, proposalnya ditolak karena Yamaha masih terikat kontrak dengan RNF dan mereka hanya ingin punya empat rider.

Alhasil, VR46 mencari pabrikan lain demi turun di MotoGP 2021. Usai ditolak Suzuki, mereka akhirnya mendarat di Ducati. Usai semusim bekerja sama, VR46 dan Ducati kemudian menandatangani kontrak baru berdurasi tiga musim, yang akan habis pada akhir 2024. Alhasil, jika ingin menggaet VR46, Yamaha harus menunggu 2025.

Uniknya, rumor yang beredar menyatakan bahwa VR46 berpotensi memutuskan kontrak lebih awal dengan Ducati demi menjadi tim satelit Yamaha pada 2024. Sejauh ini, baik VR46 dan Ducati sama-sama membantah adanya niatan tersebut. Namun, pemutusan kontrak lebih awal tak hanya terjadi sekali-dua kali di MotoGP.

2 dari 3 halaman

Gresini Racing

Pembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio (c) AP Photo

Pembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio (c) AP Photo

Jika tak bisa berkolaborasi dengan VR46 di MotoGP 2024, Yamaha punya opsi lain, yakni Gresini Racing. Uniknya saat ini skuad Italia itu juga merupakan tim satelit Ducati. Namun, Gresini tercatat sebagai satu-satunya tim independen yang tak memiliki kontrak dengan pabrikan mana pun pada 2024 mendatang.

Pasalnya, usai berpisah dari Aprilia pada akhir 2021, Gresini hanya menandatangani kontrak dua musim dengan Ducati. Namun, bakal sulit bagi Yamaha untuk meyakinkan mereka agar meninggalkan Ducati. Perlu diingat, Gresini sukses meraih 6 podium dan 4 kemenangan lewat Enea Bastianini sepanjang 2022.

Manajer Komunikasi dan Pemasaran Gresini Racing, Carlo Merlini, juga mengaku belum kepikiran soal masa depan timnya setelah kontrak dengan Ducati habis. "Kesepakatan kami dengan Ducati melingkupi 2022 dan 2023. Rencana-rencana kami untuk 2024 masih ada dalam diskusi," ujarnya via Crash.net, Selasa (6/12/2022).

Nah, tim independen mana yang akhirnya bakal jadi tim satelit Yamaha di MotoGP 2024? Pantau kabar perkembangannya ya, Bolaneters! Berikut daftar tim dan pembalap MotoGP 2023.

3 dari 3 halaman

Daftar Pembalap MotoGP 2023

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Tim pabrikan MotoGP 2023:

Aprilia Racing: #12 Maverick Vinales, #41 Aleix Espargaro
Ducati Lenovo Team: #23 Enea Bastianini, #63 Francesco Bagnaia
Monster Energy Yamaha: #20 Fabio Quartararo, #21 Franco Morbidelli
Red Bull KTM Factory Racing: #33 Brad Binder, #43 Jack Miller
Repsol Honda: #36 Joan Mir, #93 Marc Marquez

Tim satelit MotoGP 2023:

Tech 3 GASGAS Factory Racing: #37 Augusto Fernandez*, #44 Pol Espargaro
LCR Honda Idemitsu-Castrol: #30 Takaaki Nakagami, #42 Alex Rins
CryptoDATA Aprilia RNF: #25 Raul Fernandez, #88 Miguel Oliveira
Prima Pramac Racing: #5 Johann Zarco, #89 Jorge Martin
Mooney VR46 Racing Team: #10 Luca Marini, #72 Marco Bezzecchi
Gresini Racing: #49 Fabio di Giannantonio, #73 Alex Marquez

*) debutan

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR