BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Yamaha: Kepercayaan Kami pada Rossi Tak Pernah Berkurang

04-07-2019 12:15 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, menegaskan pihaknya sama sekali tak pernah mengurangi rasa percaya pada Valentino Rossi, meski rider Monster Energy Yamaha tersebut tengah mengalami masa krisis. Dalam tiga seri terakhir, Rossi gagal finis dan pulang tanpa membawa serta satu pun poin.

Tak hanya itu, situasi Rossi di MotoGP Belanda akhir pekan lalu bahkan sangat berkebalikan dengan tiga rider muda Yamaha lainnya. Sang tandem, Maverick Vinales, sukses meraih kemenangan, sementara Fabio Quartararo finis kedua, dan Franco Morbidelli finis kelima.

Lewat Marca, Jarvis pun tak memungkiri melihat Rossi menjalani tiga balapan tanpa poin adalah hal yang sangat sulit, namun pihaknya tetap bertekad mengendalikan situasi buruk ini dengan cara yang tepat dan akan terus memberikan dukungan maksimal bagi The Doctor.

"Situasi ini tentu sulit, tapi kami harus mengendalikannya dengan tepat. Kami yakin Vale bisa ikut memperebutkan kemenangan di Montmelo, situasinya tak terlalu buruk. Bahkan di Assen, motornya bekerja lebih baik. Sayangnya, ia melakukan kesalahan. Ia kelewat ngotot, karena merasa motornya bisa memberi lebih," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Akan Selalu Dampingi Rossi

Jarvis pun menyatakan bahwa situasi paling 'pahit' yang dirasakan Yamaha adalah kecelakaan yang dialami Rossi di Catalunya, Spanyol, di mana ia terjatuh akibat tertabrak oleh Jorge Lorenzo. Padahal, saat itu ia tengah duduk di posisi 5 dan berpotensi bertarung di depan.

"Saya mengakui, fakta adalah fakta: tiga balapan tanpa poin, dengan tiga kecelakaan adalah hal yang sangat buruk. Tapi di Montmelo ia tak bisa melakukan apa pun. Jadi yang terpenting adalah selalu bersama Vale, mendukungnya, dan mencari cara untuk bekerja sama demi balapan-balapan berikutnya," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Masih Percaya, Tapi Butuh Kerja Ekstra Keras

Jarvis juga menegaskan bahwa kepercayaan pihaknya kepada Rossi sama sekali tak berubah, meski rider Italia tersebut tengah terpuruk dan telah menginjak usia 40 tahun. Ia bahkan kagum Rossi masih bisa mengumpulkan poin lebih banyak ketimbang bintang baru dan muda Yamaha saat ini, Fabio Quartararo.

"Kepercayaan kami pada Vale sama sekali tak berubah. Ia masih rider Yamaha terbaik dalam perolehan poin, lebih banyak dari Fabio. Jadi kami tak mempertanyakan kepercayaan kami padanya. Tapi jelas kami harus bekerja lebih baik. Kadang ia baru bisa dapat konfigurasi dan sensasi yang tepat pada Minggu, tapi kami membutuhkannya sejak Jumat. Ini adalah misi kami," tutupnya.

Musim ini, Rossi telah meraih dua podium, yakni usai finis kedua di Argentina dan Austin, namun belum juga menang sejak MotoGP Belanda pada 2017 lalu. Saat ini ia duduk di peringkat 5 pada klasemen pebalap dengan 72 poin, hanya unggul 5 poin dari Quartararo dan 7 poin dari Maverick Vinales.

KOMENTAR