BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Yamaha: Jorge Lorenzo Punya Kualitas Lengkap Jadi Test Rider

30-01-2020 16:40 | Anindhya Danartikanya

Jorge Lorenzo saat membela Yamaha pada 2016. (c) AFP Jorge Lorenzo saat membela Yamaha pada 2016. (c) AFP

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing (YMR), Lin Jarvis, mengaku sangat senang Jorge Lorenzo mau kembali bergabung dalam proyek MotoGP mereka, meski kali ini takkan jadi pebalap, melainkan test rider untuk tim uji coba Yamaha yang bermarkas di Eropa.

Lorenzo sejatinya telah memutuskan pensiun pada akhir musim lalu. Namun Yamaha, satu-satunya pabrikan MotoGP yang tak punya tim uji coba di Eropa, segera mendekatinya. Pengumuman resmi bergabungnya Lorenzo pun dirilis pada Kamis (30/1/2020).

Lorenzo digaet Yamaha pada 2006, bahkan sebelum ia meraih 2 gelar GP250. Ia diletakkan di tim pabrikan Fiat Yamaha pada 2008, jadi tandem Valentino Rossi. Selama 9 musim di pabrikan Garpu Tala, Lorenzo meraih tiga gelar dunia, 145 podium, 44 kemenangan, dan 40 pole.

"Jelas kami sangat senang bisa kembali menyambut Jorge Lorenzo di Yamaha. Ketika kami tahu Jorge hendak mengakhiri karier balapnya, kami segera mulai mempertimbangkan pembuatan proposal untuknya agar mau bergabung dengan kami," ungkap Jarvis.

1 dari 2 halaman

Tertarik Berkat Prestasi Gemilang di Masa Lalu

Usai membela Yamaha, Lorenzo sempat hengkang ke Ducati pada 2017, tapi hanya meraih tiga kemenangan. Ia pun pindah ke Repsol Honda pada 2019, namun gagal kompetitif, dan mengalami cedera punggung berkepanjangan hingga akhirnya memutuskan pensiun.

"Statistik prestasi Jorge dengan kami selama 9 tahun bersama sudah bicara dengan sendirinya. Ia jelas merupakan rider MotoGP yang sangat berpengalaman, yang sangat familiar dengan YZR-M1 dan orang-orang Yamaha," tutur Jarvis.

"Kami sangat paham Jorge rider yang punya pemikiran sangat tepat, pebalap yang penuh motivasi, dengan konsistensi tanpa cela, serta pandangan teknis yang baik: semua kualitas yang Anda butuhkan dari diri seorang test rider dengan level tinggi," lanjut pria asal Inggris ini.

2 dari 2 halaman

Didampingi Eks Crew Chief Valentino Rossi

Silvano Galbusera (c) Yamaha Silvano Galbusera (c) Yamaha

Lorenzo akan didampingi eks crew chief Valentino Rossi pada 2014-2019, Silvano Galbusera. Meski begitu, Yamaha mengaku tak punya rencana untuk menurunkan Lorenzo sebagai pebalap wildcard, meski tak menutup kemungkinan apa pun.

"Menggabungkan pengalaman, pengetahuan, dan kecepatan Jorge dengan pengalaman Silvano adalah elemen penting strategi Yamaha memperkuat tim uji coba, yang bertujuan menjembatani jarak antara insinyur dan para test rider di Jepang dengan tim Monster Energy Yamaha MotoGP," tutup Jarvis.

Lorenzo pun akan memulai tugasnya sebagai test rider Yamaha di uji coba pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 2-4 (shakedown) dan 7-9 Februari nanti, serta akan turun di semua uji coba yang akan diikuti dan digelar Yamaha.

KOMENTAR