BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Yamaha: Jorge Lorenzo Jarang Latihan Motor, Sulit Gantikan Valentino Rossi

16-10-2020 15:55 | Anindhya Danartikanya

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Yamaha Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Yamaha

Bola.net - Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, menyatakan sama sekali tak menutup kemungkinan bakal memanggil test rider, Jorge Lorenzo, untuk menggantikan Valentino Rossi yang positif terinfeksi Covid-19. Namun, ada beberapa faktor yang membuat Meregalli ragu.

Rossi dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (15/10/2020) hingga harus absen dari MotoGP Aragon, Spanyol, akhir pekan ini, dan takkan digantikan siapa pun. Namun, Yamaha tengah memikirkan langkah antisipasi jika ia harus absen lagi di MotoGP Teruel di trek yang sama pekan depan.

Secara teori, Yamaha punya beberapa opsi pengganti Rossi, namun Lorenzo menjadi pilihan utama karena ia merupakan test rider Yamaha dan satu-satunya rider yang biasa mengendarai motor MotoGP walau sudah memutuskan pensiun pada akhir musim lalu.

Meski begitu, Meregalli meragukan potensi Lorenzo, mengingat ia tertinggal 3 detik dari test rider Ducati Corse, Michele Pirro, dalam uji coba Portimao, Portugal pada 7-8 Oktober lalu, usai tak mengendarai motor apa pun sejak uji coba pramusim Sepang, Malaysia pada awal Februari.

1 dari 3 halaman

Minta Lorenzo Lebih Sering Latihan

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (c) Twitter/MotoGP

Lorenzo memang masih rajin menjaga kebugaran fisik, namun ia meneruskan kebiasaan saat masih aktif berkompetisi di MotoGP, yakni jarang berlatih di atas motor selain motor MotoGP. Hal inilah yang diyakini membuat level Lorenzo jauh berkurang saat berkendara di Portimao.

Hasil uji coba Portimao juga yang membuat Yamaha, termasuk Rossi, menyarankan Lorenzo harus tetap latihan motor jenis lain jika ingin menjadi test rider dengan level tertinggi di MotoGP. Namun, Meregalli menyatakan pihaknya tetap akan mengevaluasi peluang Lorenzo untuk turun lintasan nanti.

"Kini kami punya 10 hari evaluasi rider pengganti untuk balapan kedua di Aragon, tapi saat ini kami belum bicara dengan siapa pun. Saya tak menyingkirkan hipotesis soal Jorge, tapi saya rasa usai uji coba Portimao sudah jelas ia memang harus lebih sering latihan motor," ujar 'Maio'.

Di lain sisi, Meregalli menyatakan pihaknya akan jauh lebih serius mempertimbangkan Lorenzo untuk diturunkan di lintasan jika Rossi masih belum pulih dan harus absen lagi dalam MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 6-8 November mendatang.

2 dari 3 halaman

Dipertimbangkan Lebih Serius di Valencia

"Jika Vale tak bisa kembali ke Valencia, ia jelas akan kami pertimbangkan lebih serius. Jorge berkendara dengan kami selama 1,5 hari di Sepang pada Februari, namun ia tak pernah mengendarai motor lain sejak itu," ungkap Meregalli, yang menyatakan seluruh rider Yamaha juga telah meminta Lorenzo untuk lebih sering latihan motor.

"Kami telah membicarakan hal ini dengan para pembalap kami. Meski mereka masih aktif berkompetisi, mereka selalu butuh latihan motor saat rehat. Jelas Jorge telah kehilangan kebiasaan mengerem, kecepatan, akselerasi... Jadi, ia jelas harus latihan motor lebih sering," tutupnya.

Sebagai opsi, Yamaha juga punya pilihan memanggil salah satu dari dua rider WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha WorldSBK) dan Loris Baz (Ten Kate Yamaha). Baz pernah turun di MotoGP pada 2015-2018, sementara Razgatlioglu merupakan rider muda yang sejak tahun lalu diharapkan pindah ke MotoGP.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Valentino Rossi Positif Terinfeksi Covid-19

KOMENTAR