BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Yamaha: Fabio Quartararo-Valentino Rossi Mirip, Sama-Sama Bikin Tim Ceria

27-10-2021 14:12 | Anindhya Danartikanya

Fabio Quartararo dan Valentino Rossi (c) AP Photo
Fabio Quartararo dan Valentino Rossi (c) AP Photo

Bola.net - Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, lega luar biasa melihat sang rider, Fabio Quartararo, sukses mengunci gelar dunia MotoGP 2021 dalam Seri Emilia Romagna di Misano, Minggu (24/10/2021).

Kepada GPOne, Selasa (26/10/2021), pria asal Italia yang akrab disapa 'Maio' ini mengaku El Diablo memang layak jadi juara usai apa yang ia lakukan untuk skuadnya musim ini, baik di dalam maupun luar trek.

Sejak kedatangannya awal musim ini, Quartararo memang langsung menyatu dengan skuad tim pabrikan. Karakternya yang ceria pun mengingatkan Meregalli pada Valentino Rossi, yang bekerja sama dengannya sejak 2013 dan bahkan kini menjadi kawan baiknya.

Menurut Meregalli, karakter macam ini membuat tim bekerja dengan suasana hati yang lebih baik, dan sangat memudahkan mereka bekerja sama dengan kompak. Karakter Quartararo yang supel juga membuat skuad Yamaha tak tertekan.

1 dari 2 halaman

Puji Kinerja Quartararo-Gubellini-Guilliem

Massimo Meregalli, Fabio Quartararo, dan Lin Jarvis (c) Yamaha MotoGP
Massimo Meregalli, Fabio Quartararo, dan Lin Jarvis (c) Yamaha MotoGP

"Secara umum, Fabio kuat dan termotivasi sejak awal, selalu fokus. Hal yang paling bikin saya kaget adalah ia sangat bersenang-senang dalam pekan balap, dan ini membantu agar tak merasa stres," ungkap Meregalli.

"Ia membawa kebahagiaan dalam garasi kami dan membuat orang-orang merasa terlibat. Kualitas ini sangat mirip dengan kualitas Vale. Ia lihai membuat orang di sekitarnya mengerahkan lebih dari 100%," lanjutnya.

Meregalli juga mengacungkan jempol untuk kerja sama yang solid antara Quartararo dengan sang crew chief, Diego Gubellini, dan juga sang teknisi data, Pablio Guilliem, yang diboyong dari Petronas Yamaha SRT.

"Fabio punya cara sendiri dalam membentuk grupnya bersama Diego dan Pablo. Mereka seolah merupakan satu orang. Mereka sangat percaya pada satu sama lain, tak menyia-nyiakan kesempatan, selalu mempersiapkan akhir pekan dengan sangat matang," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Rider yang Bisa Samai Raihan Valentino Rossi

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bicara soal Rossi, Meregalli mengaku ikut terharu saat menyaksikan perpisahan emosional The Doctor dengan para penggemarnya di Misano, yakni balapan terakhirnya sebagai pembalap MotoGP di Italia.

Menurut Meregalli, rasa-rasanya sulit melihat rider lain menyamai prestasinya di lintasan dan juga jasanya dalam membuat MotoGP kian populer. "Vale adalah Vale. Mungkin apa yang sudah ia raih takkan bisa disamai oleh siapa pun," tuturnya.

"Saya hanya sedih ia tak mengakhiri karier dengan cara yang lebih baik, karena musim ini sulit untuknya dan ia layak mendapatkan hal berbeda. Kami semua belum bisa membayangkan ia takkan ada di sini tahun depan. Jelas bakal janggal," pungkas Meregalli.

Quartararo merupakan juara dunia Yamaha pertama di MotoGP sejak Jorge Lorenzo pada 2015. Juga bersama Rossi dan Lorenzo, Quartararo merupakan juara dunia Yamaha ketiga dalam sejarah MotoGP, yang bergulir sejak 2002.

Sumber: GPOne

KOMENTAR