Wow! Pedro Acosta Bakal Jalani Tes MotoGP Bareng KTM, Dibimbing Dani Pedrosa

Anindhya Danartikanya | 18 November 2022, 13:20
Wow! Pedro Acosta Bakal Jalani Tes MotoGP Bareng KTM, Dibimbing Dani Pedrosa
Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo/Alberto Saiz

Bola.net - KTM punya hadiah spesial untuk bintang Moto2, Pedro Acosta. Pabrikan motor asal Austria ini memberinya kans menjalani tes dengan motor MotoGP. Kado ini diberikan usai ia sukses menjuarai Moto3 2021 dan menyabet gelar rookie of the year alias debutan terbaik di Moto2 2022.

Menurut laporan Diario de Jerez pada Kamis (17/11/2022), tes tertutup tersebut akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada akhir pekan ini. Tes tersebut berbarengan dengan tes yang dijalani oleh test rider KTM, Dani Pedrosa, yang bertugas mengembangkan RC16 selama rehat musim dingin.

Acosta yang secara mencengangkan menjuarai Moto3 pada musim perdananya di Grand Prix, akan mengendarai motor RC16 yang dipakai duet Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder dan Miguel Oliveira, musim ini. Ia akan berkendara pada Sabtu (19/11/2022) atau Senin (21/11/2022).

1 dari 3 halaman

Merasa Belum Layak Naik ke MotoGP

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

Musim depan, Acosta tetap berlaga di Moto2, tetapi bukan rahasia lagi bahwa ia telah dapat tawaran naik ke MotoGP sejak pertengahan 2021. Kala itu, ia bahkan diminta oleh beberapa tim MotoGP untuk langsung naik dari Moto3 ke MotoGP, seperti yang dilakukan Jack Miller pada 2015 dan Darryn Binder pada 2022.

Meski begitu, Acosta menolak, karena ia ingin 'belajar' terlebih dahulu di Moto2 setidaknya selama dua tahun, sebelum benar-benar naik ke MotoGP. Uniknya, meski masih terikat kontrak dengan KTM Ajo, Acosta mengakui bahwa ia kembali dapat tawaran untuk naik ke MotoGP pada 2023.

"Ada kemungkinan bagi saya naik kelas ke MotoGP pada 2023, tetapi saya belum merasa siap. Tak sepadan naik kelas dan membuang-buang satu tahun dalam hidup saya demi cepat-cepat naik ke MotoGP. Setiap hal punya waktunya sendiri untuk terjadi dalam kehidupan, dan tahun depan bukanlah waktunya," ujar Acosta.

2 dari 3 halaman

Diminta Tanda Tangan Kontrak pada Mei 2022

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

Menurut pembalap berjuluk 'El Tiburon de Mazarron' ini, ia harus menjalani kiprah yang baik di tiap kelas Grand Prix demi benar-benar layak dapat kesempatan di MotoGP. Sebelum berhasil membuktikan bahwa ia bisa berkuasa di semua kelas, rider berusia 18 tahun ini merasa tidak siap berlaga di kelas para raja.

"Saya harus tampil baik di tiap kategori yang saya ikuti sebelum lompat. Saya diminta tanda tangan kontrak dengan tim MotoGP pada Mei lalu, tetapi saya belum siap karena kala itu saya gagal meraih poin dalam empat balapan beruntun. Kala itu saya belum naik podium dan tidak terlalu kompetitif kecuali di Le Mans," kisahnya.

"Setelahnya, barulah saya terus membaik, meraih kemenangan di Mugello, finis keenam di Montmelo, dan finis kedua di Jerman. Kecuali Thailand dan Malaysia, saya selalu finis di posisi enam besar. Jadi, kami sedang menuju level yang kami mau," pungkas Acosta.

3 dari 3 halaman

Statistik Prestasi Pedro Acosta

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

2018: Moto3 Junior World Championship (KTM) - Peringkat 33

2019: Moto3 Junior World Championship (KTM) - Peringkat 16

2019: Red Bull Rookies Cup - Runner up

2020: Moto3 Junior World Championship (KTM) - Peringkat 3

2020: Red Bull Rookies Cup - Juara

2021: Moto3 (Red Bull KTM Ajo) - Juara

2022: Moto2 (Red Bull KTM Ajo) Peringkat 5

Sumber: Diario de Jerez

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR