WithU RNF: Kalau Tawaran Yamaha Nggak Oke, Kami Punya Opsi Lain

Anindhya Danartikanya | 24 Mei 2022, 12:51
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) AP Photo
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) AP Photo

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, optimistis takkan ditinggalkan WithU Yamaha RNF MotoGP Team yang belakangan sangat santer dikabarkan ingin berpaling jadi tim satelit Aprilia Racing di MotoGP 2023. Kepada Speedweek, Kamis (19/5/2022), Jarvis menyebut diskusi mereka berjalan baik.


Gosip negosiasi antara RNF dan Aprilia mulai terkuak pada awal Mei, berbarengan dengan kabar bahwa Suzuki ingin hengkang dari MotoGP. Team Principal RNF, Razlan Razali, dikabarkan tak terlalu puas atas kolaborasi dengan Yamaha musim ini, dan merasa mulai harus melihat pabrikan lain yang bisa menjamin paket motor terbaik.

"Mengingat kami hanya punya kontrak setahun dengan Yamaha, kami harus cari opsi lain. Pasalnya, Yamaha mungkin takkan terus bekerja dengan kami, sehingga kami bisa jadi tak punya pabrikan. Untungnya, paket Aprilia saat ini kompetitif, dan ada banyak perubahan di Aprilia sejak Massimo Rivola hadir," ujar Razali, Jumat (13/5/2022).

1 dari 2 halaman

Keputusan Ditentukan Juni

Razlan Razali dan Lin Jarvis (c) Yamaha Motor Racing

Di lain sisi, Jarvis menyatakan pihaknya sudah mulai diskusi dengan Razali soal perpanjangan kontrak. Pria Inggris ini tak memungkiri Yamaha sedang pusing mencari solusi untuk kontrak baru Fabio Quartararo. Namun, ia sangat yakin RNF akan bertahan sebagai tim satelit Yamaha, dan keputusan akan diambil pada Juni nanti.

"Tenggat waktu internal untuk kontrak baru RNF adalah Juni. Pasalnya, pada Juli kami harus memesan bagian-bagian motor dan merakit motor musim depan. Saat ini, kami harus tahu spek motor apa yang akan didapatkan tim mereka. Kami juga harus tahu apakah kami memang butuh motor untuk tim satelit atau tidak," ujarnya.

"Pembicaraan dengan RNF secara umum berjalan baik. Hasil mereka saat ini memang tak sesuai harapan, namun inilah proyek yang kami kerjakan. Saya punya ekspektasi bahwa kami akan menyepakati kontrak baru dengan RNF. Namun, prioritas kami saat ini adalah memperpanjang kontrak dengan Fabio," lanjut Jarvis.

2 dari 2 halaman

RNF Tak Cemas, Ada Opsi Lain

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) RNF Racing

Juga kepada Speedweek pada Minggu (22/5/2022), Razali menegaskan, meski tertarik bergabung dengan Aprilia, prioritasnya saat ini adalah bertahan dengan Yamaha. Pasalnya, RNF tergolong skuad yang cukup baru usai strukturnya terpecah belah karena Petronas Yamaha SRT bubar pada akhir 2021 lalu.

"Sebagai tim baru, kami jelas ingin lanjut dengan Yamaha. Kami tak pernah berniat ganti pabrikan usai setahun saja. Kami ingin lanjut, tapi kami harus tunggu keputusan Yamaha, apakah mereka ingin lanjut dengan kami, sampai Mugello. Tapi pada akhirnya saya juga harus lihat sekeliling dan mencari rencana cadangan," tuturnya.

Pria asal Malaysia ini juga memberikan ultimatum 'halus' kepada Yamaha, menandakan ada peluang bagus bagi RNF untuk pindah ke Aprilia musim depan. "Kami tidak cemas. Jika Yamaha memberikan tawaran yang tak bisa bikin kami senang sepenuhnya, ada opsi lain kok," pungkas mantan CEO Sirkuit Sepang ini.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR