WithU RNF: Ingin ke Aprilia, Tapi Punya 4 Opsi Menggiurkan di Yamaha

Anindhya Danartikanya | 10 Mei 2022, 11:23
Raul Fernandez, Celestino Vietti, Toprak Razgatlioglu, dan Miguel Oliveira (c) AP Photo
Raul Fernandez, Celestino Vietti, Toprak Razgatlioglu, dan Miguel Oliveira (c) AP Photo

Bola.net - Masa silly season MotoGP untuk 2023 sudah mulai memasuki tahap yang cukup panas. Tak hanya dihebohkan oleh gosip perpindahan pembalap dan hengkangnya Suzuki pada akhir musim nanti, ajang ini juga diramaikan oleh rumor bahwa WithU Yamaha RNF MotoGP Team ingin beralih menjadi tim satelit Aprilia Racing.


Usai tiga tahun beroperasi sebagai Petronas Yamaha SRT, skuad ini berganti jadi RNF dan tanda tangan kontrak setahun dengan Yamaha. Kini, sang bos tim, Razlan Razali, dikabarkan bernegosiasi dengan Aprilia, dan Yamaha diisukan berdiskusi dengan Mooney VR46 Racing Team, yang juga hanya punya kontrak setahun dengan Ducati.

Meski begitu, lewat Speedweek, Senin (9/5/2022), Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mensinyalir pihaknya ingin memperpanjang kolaborasi dengan RNF ketimbang bekerja dengan VR46. Pasalnya, ia sedang bicara dengan manajer pribadi para rider yang bukan merupakan anggota VR46 Riders Academy.

Salah satu manajer itu adalah Paulo Oliveira, ayah dari Miguel Oliveira, rider yang isunya ingin meninggalkan Red Bull KTM Factory Racing. "Saya sudah bicara dengan Paulo. Namun, saya juga bicara dengan semua manajer pembalap. Itu bagian dari tugas saya. Saya harus tahu apa yang terjadi dalam 'pasar' pembalap," ujar Jarvis.

1 dari 2 halaman

Ingin Letakkan Toprak Razgatlioglu di RNF

Phil Marron dan Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

"Saya juga tertarik pada situasi dua rider Suzuki (Joan Mir dan Alex Rins) sebelum tim mereka menyatakan rencana mundur pada akhir musim. Saya bicara dengan semua manajer pribadi, kecuali empat rider Honda dan dua rider lainnya. Kini saya sudah paham betul apa yang terjadi, karena kami mengenal para manajer," lanjut Jarvis.

Rider lain yang ada dalam daftar incaran Jarvis adalah juara dunia WorldSBK 2021, Toprak Razgatlioglu. Mengingat rider Turki ini bukan anggota VR46 Riders Academy, maka ia memang lebih cocok jika dilibatkan dalam proyek RNF. Apalagi Monster Energy Yamaha sudah diisi Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Jarvis bahkan menegaskan, sebagai bukti keseriusan Yamaha, tes dengan El Turco tetap digelar pada tengah tahun. "Toprak akan menjalani tes MotoGP bersama Yamaha untuk pertama kali pada Juni. Saya yakin tes ini digelar di Aragon. Kami tak punya tempat di tim pabrikan, tapi ia harus menjajal motor kami lebih dulu," tuturnya.

"Setelahnya, kami akan lihat level performa dan kecepatannya. Jika ia punya keinginan ke MotoGP, kami bisa menawarkan tempat terbaik baginya, yakni RNF. Jika ia memutuskan menolak, maka ia punya dua opsi: membela tim lain di MotoGP atau tetap di WorldSBK. Keputusan ada di tangannya," kisah pria asal Inggris ini.

2 dari 2 halaman

Raul Fernandez dan Celestino Vietti

Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Celestino Vietti (c) VR46 Racing Team

Jarvis juga tentunya belum melupakan Raul Fernandez, yang tahun lalu secara kontroversial 'ngambek' usai keinginannya membela tim satelit Yamaha dihalang-halangi oleh KTM dan bahkan dinaikkan ke MotoGP 2022 bersama Tech 3 KTM Factory Racing. Jarvis sendiri mengakui Fernandez merupakan talenta menarik.

"Raul datang kepada kami, karena ia ingin mengendarai Yamaha. Ketika seseorang dengan talenta seperti itu mendatangi Anda, Anda harus mendengarkannya. Kami pun bilang padanya, tentu kami sangat tertarik. Tapi kami juga tegaskan padanya, bahwa sang rider harus 'bebas' (dari kontrak apa pun)," ujarnya kepada Moto Revue.

Meski begitu, ada satu rider VR46 Riders Academy yang juga menarik minat Jarvis, yakni Celestino Vietti. Saat ini 'Cele' masih turun di Moto2 bersama Mooney VR46 Racing Team. Jarvis juga ingin meletakkan Vietti di RNF, namun yakin ia bukan satu-satunya pihak yang tertarik menggaet rider berusia 20 tahun tersebut.

"Vietti bisa jadi pembicaraan. Namun, saya rasa ia juga bisa dipertimbangkan Mooney VR46. Saya tak tahu apakah mereka punya tempat untuknya. Mengingat mereka punya Luca Marini dan Marco Bezzecchi, bakal sulit bagi VR46 untuk menemukan tempat untuk Vietti. Tapi ia jelas salah satu rider yang menarik," tutup Jarvis.

Sumber: Speedweek, Moto Revue

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR