BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Wajib Saling Tantang: Aprilia Minta Espargaro-Vinales Ulang Masa-Masa di Suzuki

07-09-2021 15:26 | Anindhya Danartikanya

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales (c) Aprilia Racing
Aleix Espargaro dan Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Bola.net - CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, meyakini pihaknya kini memiliki sepasang pembalap yang sangat kuat untuk berlaga di MotoGP, yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Ia juga senang karena keduanya merupakan kawan baik, dan sudah pernah bertandem di Suzuki Ecstar pada 2015 dan 2016 lalu.

Espargaro sendiri sudah membela Aprilia sejak 2017, dan Vinales akan bergabung mulai MotoGP Aragon pada 10-12 September nanti. Kedatangan Vinales pun disebut Rivola sebagai kesempatan emas bagi Aprilia untuk mendorong pengembangan motor, sekaligus menilai sejauh mana progres yang mereka alami sejauh ini.

Meski begitu, Rivola juga menyatakan bahwa Espargaro masih akan tetap jadi pembalap utama Aprilia. Pasalnya, motor RS-GP sudah lima tahun belakangan dikembangkan sesuai masukannya. Atas alasan inilah, motor tersebut sejauh ini hanya jinak di tangan pembalap Spanyol berusia 32 tahun tersebut.

1 dari 2 halaman

Aleix Espargaro Masih Jadi Referensi Aprilia

Aleix Espargaro dan Massimo Rivola (c) Aprilia Racing
Aleix Espargaro dan Massimo Rivola (c) Aprilia Racing

"Ini kans bagi Aprilia. Kami penasaran melihat Maverick, karena juga penasaran melihat di mana level kami. Jika melihat statistik tandem-tandemnya, jelas Aleix selalu jadi referensi. Ia punya sensasi yang sangat baik dengan motor itu, karena bertahun-tahun terlibat dalam proyek ini dan punya kondisi mental dan fisik yang sangat baik," ujar Rivola via The Race, Senin (6/9/2021).

Pria yang juga eks Sporting Director Scuderia Ferrari di Formula 1 itu yakin Vinales merupakan salah satu pembalap terbaik di MotoGP saat ini. Alhasil, meski menyebut Vinales pasti akan butuh waktu beradaptasi di Aprilia, Rivola meminta rider 26 tahun itu sudah harus siap menantang Espargaro tahun depan.

"Saya menilai Maverick sebagai salah satu talenta terhebat. Jika ia mengalami masalah, tentu kami harus bekerja agar ia merasa nyaman. Namun, jujur saja, saya rasa Aleix akan tetap jadi referensi. Jadi, saya berharap Maverick bisa menantangnya. Tak harus langsung, namun jelas harus tahun depan," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Pernah Jadi Teman dan Rival di Suzuki

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales (c) Aprilia Racing
Aleix Espargaro dan Maverick Vinales (c) Aprilia Racing

Demi kebaikan tim dan kelancaran pengembangan motor, Rivola juga berharap Espargaro dan Vinales bisa menunjukkan kekompakan dan hubungan harmonis seperti saat masih bertandem di Suzuki Ecstar. Sebagai dua rider pertama yang digaet Suzuki sejak kembali ke MotoGP pada 2015, mereka memang menjadi ujung tombak pengembangan GSX-RR.

Kala itu, Vinales sukses meraih empat podium dan satu kemenangan. Meski Espargaro tak meraih podium dan hanya merebut satu pole, ia dan Vinales mampu mendorong pengembangan motor Suzuki secara signifikan. Hal inilah yang ingin dilihat Rivola dari keduanya saat 'reuni' di Aprilia nanti.

"Jika punya dua rider yang bisa saling tantang, dan bisa mempertahankan keseimbangan di antara keduanya, Anda bisa berkembang. Sejauh ini mereka masih berteman, jadi kita lihat nanti apakah mereka masih bisa tetap begitu! Tentu saja saya hanya bercanda, karena mereka bisa melakukannya di Suzuki," tutupnya.

Sumber: The Race

KOMENTAR