'Wajar Yamaha Buru-Buru Tentukan Masa Depan Valentino Rossi'

Anindhya Danartikanya | 4 Februari 2020, 08:40
Valentino Rossi (c) Yamaha
Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Legenda MotoGP sekaligus 15 kali juara dunia, Giacomo Agostini, prihatin Valentino Rossi takkan membela tim pabrikan Yamaha pada 2021 nanti. Meski begitu, kepada La Gazzetta dello Sport, yang mengaku bisa memaklumi alasan Yamaha buru-buru minta kepastian The Doctor.


Akan berusia 41 tahun pada 16 Februari nanti, Rossi memang belum menunjukkan tanda-tanda ingin pensiun. Atas alasan ini, ia dan Yamaha intensif mendiskusikan masa depannya sepanjang Januari, dan Rossi pun dapat menerima bahwa Yamaha butuh para pebalap muda.

Meski begitu, Rossi masih ragu gantung helm dan justru mempertimbangkan pindah tim satelit. Agostini pun sulit menerima Rossi takkan lagi membela tim utama, namun bisa memahami mengapa Yamaha harus cepat-cepat 'mengamankan' Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

1 dari 2 halaman

Jika Tak Cepat, Bakal Direbut Rival

"Sungguh sulit dipercaya. Tapi talenta hebat jumlahnya memang hanya sedikit, jadi wajar menggaet mereka sesegera mungkin. Yamaha bergerak cepat dan itu bagus. Jika Anda lengah, rival akan merebut semua rider Anda. Yamaha harus memikirkan masa depan," ujar 'Ago' seperti yang dikutip Corsedimoto.

Di lain sisi, Agostini mengaku lega Yamaha telah berjanji akan memberikan kontrak pabrikan dan dukungan teknis paling mumpuni untuk Rossi jika sembilan kali juara dunia tersebut memang hendak melanjutkan karier di MotoGP bersama tim satelit.

Menurut Ago, ini sudah selayaknya dilakukan Yamaha sebagai tanda terima kasih kepada Rossi. "Saya yakin Yamaha melibatkannya dalam pengambilan keputusan ini. Yamaha pasti sangat berterima kasih kepada Vale, seperti Vale berterima kasih kepada Yamaha," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Akankah Rossi-Lorenzo Setim Lagi?

Agostini juga mengomentari spekulasi bahwa Rossi bisa kembali bertandem dengan Jorge Lorenzo di tim satelit Yamaha pada 2021, mengingat Lorenzo kini resmi menjabat sebagai test rider mereka meski telah mengumumkan pensiun pada akhir musim lalu.

"Jorge dan Vale bertandem lagi? Bakal menyenangkan, bukan? Tapi mengingat kita membicarakan dua juara dunia, keduanya juga harus meraih hasil baik. Saya rasa Vale dan Jorge harus membuktikan potensi mereka," pungkas Agostini.

Rossi dan Lorenzo diperkirakan akan kembali berbagi lintasan dan mengendarai YZR-M1 2020 bersama tiga rider Yamaha lainnya dalam uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR